Kuliner Jogja
Kopi Suroloyo: Primadona Kopi di Kulon Progo
Kuliner Jogja
Kopi Suroloyo: Primadona Kopi di Kulon Progo


Selain objek wisatanya yang beragam, Kulon Progo juga dikenal sebagai daerah penghasil kopi. Komoditas penghasil kopi ini tersebar di beberapa wilayah seperti Kapanewon Samigaluh, Girimulyo, Kalibawang dan lain-lain. Berbagai jenis dan brand kopi asli Kulon Progo pun bermunculan. Namun, Kopi Suroloyo lah yang paling dikenal dan diminati oleh para pecinta kopi. Kopi Suroloyo racikan khas barista lokal dapat dinikmati sambil menyaksikan indahnya pemandangan alam objek wisata Puncak Suroloyo. Kopi Suroloyo beralamatkan di Kelurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kulon Progo.

Varietas kopi yang dihasilkan pun bermacam-macam seperti kopi Arabika line S, Arabika Kartika dan Robusta. Jenis kopi Arabika line S dan Kartika memiliki kualitas yang tinggi dengan cita rasa yang khas karena dibudidayakan pada ketinggian 800-1000 mdpl.

Kenikmatan Kopi Suroloyo telah diseruput oleh para pecinta kopi baik dari dalam maupun luar negeri. Kopi yang ditanam sendiri, dipetik sendiri dan diolah sendiri oleh Kelompok Tani Kopi Suroloyo ini nyatanya berhasil mendatangkan penikmat kopi dari luar negeri sekelas pemain bola klub ternama Juventus, Mateo Kovacic.

Bagaimana kopi diproses dan diolah pasca panen pun tentu sangat mempengaruhi rasa. Pada kopi Suroloyo, terdapat 5 jenis proses pasca panen yakni wine process, natural process, semi-washed, full-washed dan honey process.

Kopi Suroloyo terbukti telah dinobatkan sebagai salah satu kopi berkelas di tanah air. Kopi ini pernah mendapatkan peringkat 6 nasional dalam ajang kompetisi kopi nasional di Jakarta tahun 2014 dan pada 2018 lalu, Kopi Suroloyo menduduki urutan ke-6 kopi terbaik nasional dalam ajang kompetisi kopi nasional. Tidak heran, bahwa para penikmat kopi jauh-jauh dari luar kota bahkan luar negeri berbondong-bondong datang langsung ke Puncak Suroloyo untuk merasakan cita rasa khas kopi ini. Sejauh ini, Kopi Suroloyo telah menembus pasar Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan sekitarnya.

Ada yang penasaran sama Kopi yang satu ini??

Sumber: Dinas Pariwisata Kulon Progo




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myJogja dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Jogja. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Kuliner Jogja Lainnya
Bakpia Jogja Yang Enak dan Terkenal untuk oleh-oleh
Bakpia Jogja Yang Enak dan Terkenal untuk oleh-oleh
Rabu, 12 Februari 2020 04:33 WIB
Yogyakarta sangat erat kaitannya dengan bakpia. Mengunjungi jogja belum afdol rasanya kalau tidak membeli bakpia.
5 Racikan Mie Enak di Jogja Ini Bisa Buat Kamu Ngiler
5 Racikan Mie Enak di Jogja Ini Bisa Buat Kamu Ngiler
Minggu, 28 Juli 2019 15:29 WIB
Pencinta mie ayam dan bakmi Jawa bisa mampir ke 5 tempat mie ayam enak di Jogja ini. Masing-masing memiliki ciri khas dari segi bumbu
Rekomendasi Gudeg Khas Yogyakarta
Rekomendasi Gudeg Khas Yogyakarta
Kamis, 13 Februari 2020 01:56 WIB
Yogyakarta memiliki segudang makanan dan kuliner yang beraneka ragam dan identik dengan rasa yang manis. Salah satunya adalah Gudeg.