Wisata Adventure
Pantai Watu Lumbung
Wisata Adventure
Pantai Watu Lumbung


Gunung Kidul adalah satu bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal akan tempat wisatanya, khususnya pantai. Banyak sekali pantai yang menakjubkan di daerah Gunung Kidul. Perjalanan yang jauh dan memakan waktu cukup lama, akan terbayar kala kita sampai di tempat tujuan.

Tapi ada sebuah pantai yang cukup beda dari yang lain, yaitu Pantai Watu Lumbung. Kalau biasanya di pinggiran laut kita akan menemui pasir berwarna putih seperti pada umumnya atau pantai berpasir hitam seperti pantai Parangtritis atau pantai Goa Cemara, tapi tidak di pantai Watu Lumbung. 

Pantai Watu Lumbung ini dipenuhi bebatuan yang tersebar sepanjang bibir pantai. Bebatuan ini disinyalir berasal dari letusan Gunung Purba Batur. Terdapat 2 buah batu besar yang menjadi maskot dari pantai Watu Lumbung, yaitu Batu Lumbung dan Batu Semar. Dinamakan Batu Lumbung, karena batu yang paling besar di pantai ini berbentuk seperti Lumbung atau bangunan penyimpanan padi-padian yang telah dirontokkan yang juga digunakan untuk menyimpan pakan ternak. Kemudian di hadapan Batu Lumbung, terdapat batu yang tidak terlalu besar bernama Batu Semar. Batu ini berbentuk seperti tokoh Semar atau nama lengkapnya Batara Ismaya Batara Iswara Jurudyah Punta Prasanta Semar yang merupakan nama tokoh utama dalam punakawan di Pewayangan Jawa.

Walaupun kalian tidak bisa berenang dipantai ini, tapi kalian bisa berfoto dengan background alam yang sangat artistik. Ribuan batu beraneka corak yang tersebar sejauh mata memandang, dengan permadani bening yang berkilau saat tertimpa cahaya matahari. Pasti orang-orang yang melihat hasil jepretan foto kalian akan ternganga kagum dan bertanya “Foto di mana ini?”.

Belum lagi kalau kalian memotret pemandangan kala Sunset atau saat matahari terbenam, langit jingga berwarna sendu akan menjadi pelengkap pemandangan yang luar biasa sebelumnya. Tidak usah takut telat pulang atau kemalaman, kalian bisa berkemah di tempat ini. Camping ground yang berada di atas bukit yang tak jauh dari pantai Watu Lumbung ini, akan menyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam eksotis dengan fokus bebatuan yang ada di sepanjang bibir pantai, di Pantai Watu Lambung juga menawarkan pengalaman melakukan Rock Fishing atau menangkap ikan di antara bebatuan yang jarang sekali kita dapatkan di pantai lain. Salah satu jenis ikan yang dapat kalian temukan di celah bebatuan karang pantai Watu Lumbung adalah ikan Kakap Merah.

Tidak jauh dari Pantai Watu Lumbung, sekitar beberapa meter  dari Pantai Watu Lumbung, ada pantai lainnya yang juga bisa kamu datangi. Pantai Watu Bolong atau Karang Bolong, dengan ciri khas sebuah batu karang yang besar memiliki lubang yang terbentuk dari hantaman ombak. Dengan tanaman hijau di atasnya dan lubang di bawahnya, membuat tampilan batu di pantai Watu Bolong ini cukup ikonik untuk di abadikan.

Tapi ada harga, ada rupa. Sebelum sampai di sini, tempat setelah berhenti di area parkir. Kalian diharuskan melakukan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit. Tidak seberat seperti trekking pada umumnya, jalan menuju pantai merupakan jalan setapak dari tanah. Tapi tenang saja, pemandangan yang menyejukkan mata akan terlihat sepanjang perjalanan. Hijaunya sawah yang berbentuk terasering, kebun milik warga, hingga hutan hijau dengan air terjun sebagai pelengkapnya. Tidak perlu takut, di sini terdapat fasilitas yang bisa kamu gunakan setelah sampai di sana. Seperti toilet, mushala dan warung yang menjual makanan.

Bagaimana? Siap melanjutkan petualanganmu ke Pantai Watu Lumbung? 
Kalau iya siapkan bekal yang cukup ya!


Sumber gambar: Instagram dias.kurniawan



Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myJogja dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Jogja. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Adventure Lainnya
Menikmati Sunrise dan Sunset di Jogja, Dari Tempat Tersembunyi
Menikmati Sunrise dan Sunset di Jogja, Dari Tempat Tersembunyi
Rabu, 21 Oktober 2020 01:24 WIB
Ada yang tau?? Atau mungkin ada yang pernah datang ke wisata ini??
Menelusuri Gua Ngingrong dan Keindahan Bawah Tanah Gunungkidul
Menelusuri Gua Ngingrong dan Keindahan Bawah Tanah Gunungkidul
Minggu, 13 September 2020 03:43 WIB
Gunungkidul punya sederet gua eksotis yang sayang untuk dilewatkan
Keseruan bermain Flying Fox di Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul
Keseruan bermain Flying Fox di Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul
Senin, 14 September 2020 05:08 WIB
Wisata alam ini bukan hanya sekedar menikmati pemandangan saja
Sensasi Menyusuri Keindahan Sungai Oyo
Sensasi Menyusuri Keindahan Sungai Oyo
Rabu, 09 September 2020 10:18 WIB
Destinasi wisata di sungai Oyo ini adalah body rafting, dengan menyusuri Sungai Oyo
Asyiknya Camping di Pinggir Pantai Greweng Yogyakarta
Asyiknya Camping di Pinggir Pantai Greweng Yogyakarta
Senin, 07 September 2020 05:49 WIB
Pantai Greweng menyuguhkan pemandangan pantai yang sungguh indah
Tebing Watu Mabur
Tebing Watu Mabur
Kamis, 27 Januari 2022 17:29 WIB
Keindahan alam Indonesia tidak ada habisnya bila dihitung satu persatu, mulai dari Sabang sampai Merauke, dari pulau Miangas sampai pulau Rote. Semakin