Transportasi di Yogyakarta


Yogyakarta adalah kota yang istimewa. Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta menjadi surga bagi pecinta wisata. Dan tentu saja salah satu hal yang menjadi pendukung utama bagi kota pariwisata adalah transportasi. Ada banyak sekali transportasi yang dapat ditemukan di Yogyakarta. Selain transportasi umum, Yogyakarta juga memiliki banyak jasa penyewaan sebagai alternatif bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di Yogyakarta. Seperti contohnya adalah bus umum, penyewaan kendaraan, sepeda, andong, dan bahkan sekarang sudah banyak sekali jasa transportasi online yang dapat dengan mudah ditemui selama kita berwisata ke Yogyakarta.

TRANS JOGJA DAN BUS KOTA
Biaya: mulai dari Rp 3500 sekali trip

Untuk lokasi wisata yang terletak agak jauh dari pusat kota, kita bisa mengandalkan modal transportasi umum yang tersedia di Jogja, yakni Trans Jogja dan bus kota. Armada Trans Jogja yang dilengkapi dengan AC ini beroperasi setiap hari mulai pukul 05.30 - 21.30 WIB dan melayani 17 rute khusus. Siapapun yang hendak naik Trans Jogja wajib membeli tiket single trip seharga Rp 3.500. Tiket ini bisa digunakan untuk naik Trans Jogja kemanapun dan selama apapun. Jika kita turun di satu halte kemudian transit ke armada lain, kita tidak perlu membayar lagi. Namun hal ini tidak berlaku jika kita bergati halte. Bagi siapapun yang hendak berlama-lama di Jogja, ada baiknya untuk membeli tiket berlangganan dengan sistem isi ulang mulai dari Rp 15.000, Rp 25.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000. Selain itu, jika kita pindah halte dengan jarak waktu kurang dari 1 jam sejak pertama kali naik Trans Jogja maka tidak akan dikenai biaya. Untuk membeli tiket langganan ini kita harus mengisi data diri terlebih dulu di halte-halte khusus yang bertanda POS (Point of Sales). Dengan menggunakan Trans Jogja, kita bisa berkeliling Jogja dan turun di tempat-tempat wisata seperti Monumen Jogja Kembali, Pura Pakualaman, berbagai area kuliner dalam kota, hingga Candi Prambanan. Bila disambung dengan menggunakan bus kota, kita bisa mengunjungi lokasi wisata yang lebih jauh lagi.
Tips
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih transportasi ini. Pertama, kita harus sering-sering bertanya ke petugas atau mencari informasi jalur tersebut di internet. Kedua, beberapa bus kota memiliki jam operasi yang ketat, sehingga mungkin kita tidak bisa menemukan bus untuk pulang ke hotel setelah jam 4 sore. Namun tentu saja tetap tidak perlu kuatir karena saat ini sudah banyak jasa transportasi online

TRANSPORTASI ONLINE
Biaya: menyesuaikan jarak tujuan (tertera dalam aplikasi)

Saat ini sudah banyak sekali jasa-jasa transportasi online di Yogyakarta yang dimana sangat membantu wisatawan dalam mengunjungi kota istimewa ini. Seperti contohnya layanan aplikasi GOJEK. Kelebihan jasa transportasi online ini adalah harga yang langsung dapat kita ketahui dari aplikasi dan ketersediaan layanan selama 24 jam serta kita dapat memilih langsung titik penjemputan dan tujuan kita. Tentu saja layanan transportasi online ini menjadi favorit bagi para wisatawan.
Tips
Ada beberapa tips dalam melakukan pemesanan transportasi online. Karena tidak semua titik memperbolehkan transportasi online melakukan penjemputan pelanggan, maka kita harus berjalan sedikit lebih jauh agar transportasi online dapat menjemput kita. Biasanya titik-titik yang tidak memperbolehkan transportasi online masuk adalah titik-titik transportasi besar seperti terminal, stasiun, bandara dan beberapa titik yang berdekatan dengan ojek-ojek pangkalan (biasa disebut dengan zona merah). Namun kita tidak perlu kuatir karena biasanya sopir transportasi online ini akan memberitahu kita ketika kita berada di zona merah

SEWA SEPEDA
Biaya: Rp 25.000/sepeda per hari

Selain Kota Gudeg dan Kota Pelajar, Yogyakarta juga memiliki satu julukan lain yaitu Kota Sepeda. Kota ini memiliki cukup banyak fasilitas yang bisa memanjakan para bikepacking alias backpacker bersepeda, seperti jalur khusus, papan penanda jalur alternatif, ruang tunggu khusus di tiap lampu merah, hingga rak parkir yang tersedia di beberapa tempat. Dengan menggunakan sepeda, kita bisa mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang memiliki jarak agak jauh dan tidak dijangkau kendaraan umum. Kita pun bisa menikmati suasana Jogja dengan lebih santai dan tanpa polusi.
Tips
Tentu saja siapkan stamina jika kita memilih transportasi yang satu ini.

SEWA KENDARAAN
Biaya: sekitar Rp 70.000/motor per hari dan Rp 300.000/mobil per hari (belum termasuk supir dan bensin)

Menyewa mobil atau motor sendirian memang mahal, tapi bagaimana dengan menyewa kendaraan bersama backpacker lain? Ya, kita bisa mencari backpacker lain yang kebetulan sedang berada di Yogyakarta dan merencanakan sebuah perjalanan bersama ke lokasi wisata yang jauh, seperti Goa Pindul, pantai-pantai dan masih banyak lagi. Harga sewa kendaraan bisa dibagi sesuai dengan jumlah orang yang ikut, semakin banyak semakin baik! Misalnya, harga sewa mobil Toyota Avanza Rp 300.000/24 jam bisa dibagi 7 - 8 orang sesuai dengan kapasitas mobil tersebut, sehingga masing-masing orang hanya perlu membayar kurang dari Rp 40.000! Atau sewa sepeda motor, selain harga sewa perharinya bisa dibilang sangat terjangkau, motor juga merupakan salah satu alternatif alat transportasi untuk menghindari kemacetan diJogjakarta
Tips
Cobalah mencari teman dalam penyewaan kendaraan agar sewa terasa lebih murah jika rombongan.

ANDONG
Biaya: mulai dari Rp 75.000

Layanan transportasi yang satu ini sangat spesial. Kita akan banyak menemukan andong ketika kita sedang berwisata kota, seperti hanya area malioboro dan sekitarnya. Namun tidak menutup kemungkinan dapat mengantar kemana tujuan kita, seperti mengantar kita pulang ke hotel selama tawar-menawar yang kita lakukan menemukan kata sepakat dengan kusir andong, tentunya ada biaya lebih. Andong adalah alat transportasi tradisional Yogyakarta berupa kereta yang ditarik oleh kuda. Jadi kita akan merasakan sensasi tersendiri dan istimewa ketika menikmati layanan transportasi yang satu ini. Serasa kembali ke zaman dulu dimana belum adanya mesin sambil menikmati eksotisnya kota Yogyakarta
Tips
Kita harus pintar dalam tawar-menawar untuk tarif andong ini.

BECAK
Harga bervariatif tergantung jarak.

Alat transportasi becak merupakan alat transportasi jarak dekat yang masih banyak di gunakan oleh masyarakat Yogyakarta, terutama di kawasan malioboro dan sekitarnya. Selain merupakan alat transportasi tradisional, becak juga termasuk alat transportasi yang ramah lingkungan karena menjalankan nya masih manual yaitu menggunakan tenaga manusia dengan cara di kayuh/goes. Sekali angkut, becak dapat membawa 2 penumpang. Pada saat menggunakan transportasi ini, penumpang akan merasakan sensasi yang berbeda karena dengan duduk santai di atas becak dan kemudi laju becak itu sendiri sangat pelan, penumpang dapat melihat-lihat aktifitas disekililing dan bangunan-bangunan yang terdapat dikawasan malioboro. Terlebih lagi tidak akan merasa lelah disaat menelusuri sepanjang jalan malioboro.
Tips
Untuk harga bisa langsung tawar menawar dengan pengemudi becak
 
THOLE
Harga mulai dari Rp. 5.000

Transportasi ini terbilang salah satu transportasi yang sangat baru. Modal transportasi ini disiapkan oleh pemerintah daerah Yogyakarta untuk mengangkut para wisatawan di kawasan Malioboro dan sekitarnya. Thole sendiri merupakan alat transportasi jarak pendek dan dapat mengangkut 7 penumpang untuk rute khusus dalam kota saja. Untuk operasional kegiatan transportasi angkutan Thole ini mulai dari jam 08.00 sampe 22.00. Transportasi ini merupakan salah satu aletrnatif transportasi untuk para wisatawan yang berada di kawasan malioboro.
Tips
Usahakan disaat mennggunakan transportasi Thole ini jangan terlalu membawa banyak barang bawaan/belanja. karena kendaraan ini didesain untuk angkutan penumpang yaitu dengan jarak tempat duduk penumpang sangat berdekatan.

Kunjungi Yogyakarta sekarang, dan jelajahi segala tempat wisata menarik yang ditawarkan. Buat kenangan indah bersama pacar, teman dan sahabat serta keluarga di Yogyakarta!