Alun-Alun Kidul/Alun-Alun Selatan

Alun-Alun Kidul/Alun-Alun Selatan
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Alun-alun Kidul atau dikenal juga dengan Alun-alun Selatan adalah kawasan area terbuka yang luas, yang berada di belakang Keraton Yogyakarta. Terdapat pohon beringin kembar yang sangat besar berada di tengah kawasan tersebut yang sudah berusia ratusan tahun. Mitos yang berkembang dari masyarakat sekitar, apabila dapat melewati tengah-tengah pohon beringin tersebut dengan mata tertutup maka keinginan/hajat yang diinginkan akan terkabulkan.

Letak Geografis :

Letak Alun-Alun Kidul/Selatan ini berada Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133. Tepatnya berada di selatan/belakang keraton Yogyakarta.

Sejarah :

Alun-Alun Kidul merupakan suatu lapangan terbuka yang luas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan kegiatan masyarakat yang beragam. Alun-alun Kidul sekarang ini banyak digunakan orang sebagai tempat ngleremke ati atau menentramkan hati banyak orang. Biasanya digunakan untuk acara-acara tertentu seperti latihan ketangkasan prajurit keraton. Selain itu kegiatan yang dilakukan di Alun-Alun Kidul/Selatan antara lain Setonan yaitu ketangkasan berkuda, Manahan yaitu lomba memanah dengan posisi duduk bersila, Rampok Macan yaitu lomba adu harimau, Masangin yaitu latihan konsentrasi dengan berjalan diantara dua pohon beringin (ringin kurung) yang berada di tengah Alun-Alun Kidul dengan mata tertutup. Selain itu ada juga kegiatan atau Ritual Laku Masangin. Menurut mitos yang berkembang di masyarakat bahwa bagi siapa saja yang berhasil melakukan masangin maka orang tersebut hatinya bersih dan permohonannya akan terkabul. Walaupun sudah banyak orang yang tidak percaya namun tetap saja siapapun akan penasaran untuk mencobanya sebagai obat penasaran. Saat ini Alun-Alun Kidul berubah fungsi menjadi area terbuka dan berfungsi sebagai ruang publik dan arena hiburan untuk masyarakat setiap harinya.

Pengalaman :

Alun-alun Kidul merupakan salah tujuan wisata favorit wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta terutama disaat malam hari. Karena banyak yang penasaran untuk mencoba ritual Laku Masangin yaitu menutup kedua mata kemudian berjalan ke arah tengah-tengah diantara 2 pohon beringin. Selain itu juga wisatawan dapat berkeliling mengelilingi Alun-ALun Kidul/Selatan dengan menggunakan sepeda tandem dan odong-odong yang disewakan sambil berolahraga malam dengan ciri khas lampu yang terang dan berwarna-warni. Terlebih juga banyak terdapat penjual yang menjual aneka macam minuman dan jajanan/makanan yang dijual sekitar Alun-Alun Kidul/Selatan ini dengan menggelar tikar sambil melihat-lihat aktifitas dari wisatawan-wisatawan lain menjadikan sensasi tersendiri saat berada di Alun-Alun ini.

Info Wisata Sekitar :

Untuk wisata lain sekitar Alun-Alun Kidul diantaranya, Keraton Yogyakarta, Museum Sonobudoyo, Tamansari, Museum Vredeburg, Malioboro, dan Pasar Beringharjo.

Tips :

Wisata Alun-Alun Kidul/Selatan buka 24 Jam, Tapi biasanya ramai saat menjelang sore sampai tengah malam. Jadi disarankan agar saat hendak mengunjungi Alun-Alun Kidul/Selatan pada waktu malam hari dan pastikan cuaca tidak hujan. Karena area wisata Alun-Alun ini berada kawasan yang terbuka, apabila hujan maka Alun-Alun tidak terlalu ramai dan tidak dapat melakukan aktifitas disana. Jangan lupa juga menjaga kondisi badan karena akan banyak berkeliling-keliling untuk melihat-lihat sekitar Alun-Alun. Jagalah kebersihan lingkungan sekitar Alun-Alun Kidul dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Terakhir jangan lupa selalu menjaga barang bawaan anda agar jangan sampai tertinggal disaat beranjak pulang.




Harga Tiket Masuk
Tidak ada tiket masuk untuk ke destinasi yang satu ini. untuk biaya parkir sepeda motor Rp. 2.000 dan untuk mobil pribadi 10.000.
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Candi Bubrah
Candi Bubrah

Candi Bubrah adalah salah satu situs bersejarah pada abad ke 9 yang merupakan bangunan Candi yang berada di kawasan kompleks

Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan

Wisata bernuansa alam, udara nan sejuk dan semilir angin serta pemandangan yang indah

Hutan Pinus Asri Mangunan
Hutan Pinus Asri Mangunan

Scenery hutan-hutan pinus yang biasa ditemukan di luar negeri inilah yang membuat Hutan Pinus Mangunan menjadi tempat favorit