Candi Banyunibo

Candi Banyunibo
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Candi Banyunibo merupakan salah satu Candi Budha dari sekian banyak Candi yang berada di daerah Yogyakarta. Di kawasan Candi Banyunibo, Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa hamparan sawah dan perbukitan-perbukitan. Selain itu pengunjung juga dimanjakan dengan indahnya relief Candi Banyunibo yang terdapat di dinding-dinding Candi dan stupa-stupa yang merupakan peninggalan era kerajaan Mataram pada jaman dulu.
 

Letak Geografis :

Candi banyunibo berdiri di sebuah lembah sempit yang terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo Kecamatan Prambanan Sleman Yogyakarta. Dari Candi Prambanan, lokasi candi Banyunibo berjarak sekitar 5,6 Km. Dan berada di sebelah timur kota Yogyakarta yang berjarak kurang lebih 17 Km. Candi Banyunibo berada cukup berdekatan dengan Candi dan situs bersejarah lainnya diantaranya Candi Barong yang berada di sebelah timur laut, Candi Ijo di sebelah tenggara, Candi Prambanan di sebelah utara dan Bukit Ratu Boko merupakan situs bersejarah keraton Ratu Boko berada di Barat Laut.

 

Sejarah :

Candi Banyunibo di perkirakan di bangun pada abad 9 pada masa puncak kejayaan kerajaan Mataram kuno. Candi ini merupakan Candi bercorak Budha. arti dari Banyunibo itu sendiri yaitu “air jatuh/menetes”.Candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1940-an dalam keadaan runtuh dan kemudian di gali serta diteliti. yang kemudian berhasil dipugar secara intensif hingga tahun 1978. kemudian dibuka kunjungan untuk umum hingga sekarang.

 

Info wisata sekitar :

Tempat wisata lain yang berdekatan dengan Candi banyunibo yaitu terdapat wisata Candi Ijo, Candi Boko, Candi Barong, candi Prambanan, Bukit Ratu Boko, dan Tebing Breksi.

 

Tips:

Wisata Candi Banyunibo buka dari jam 08.00 - 17.00 WIB. Tips untuk wisatawan yang akan mengunjungi tempat wisata Candi Banyunibo pada siang hari disarankan agar membawa pelindung kepala seperti payung serta topi atau jika memang diperlukan untuk menggunakan sunblock. Karena pada siang hari cuaca cukup panas. Selain itu kendaraan harus dalam kondisi yang baik, terutama rem dan kopling.




Harga Tiket Masuk
Untuk harga tiket masuk akan dikenakan biaya Rp. 5.000/ orang. sedangkan untuk tarif parkir di lokasi candi untuk kendaraan bermotor roda 2/motor Rp. 2.000 dan untuk roda 4/mobil pribadi Rp. 5.000.
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Candi Sari
Candi Sari

Candi Sari dikelilingi rerumputan yang hijau nan asri dan taman yang cukup sejuk.

Candi Sewu
Candi Sewu

Candi ini lebih dikenal dengan legenda cerita percintaan antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso

Hutan Pinus Asri Mangunan
Hutan Pinus Asri Mangunan

Scenery hutan-hutan pinus yang biasa ditemukan di luar negeri inilah yang membuat Hutan Pinus Mangunan menjadi tempat favorit