Candi Barong

Candi Barong
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Candi Barong terletak di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Sejarah

Candi Barong atau disebut juga Candi Sari Suragedug merupakan peninggalan kerajaan mendang mataram dibangun pada abad ke 9 dan ke 10. Candi Barong dan sekitarnya merupakan salah satu kawasan peninggalan sejarah yang menunjukkan unsur-unsur agama Buddha dan Hindu. Dalam Prasasti diceritakan tentang seorang raja bernama Sri Kumbaja atau Sri Kalasodbhava yang membangun tiga ‘Lingga’ yaitu Krttwasalingga dengan pendamping Sri Dewi, Triyarbakalingga dengan pendamping Dewi Suralaksmi, dan Haralingga dengan pendamping Dewi Mahalaksmi. Diperkirakan bangunan yang dimaksud adalah Candi Barong. Dalam Prasasti Pereng (863 M), yang juga ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan menggunakan huruf Jawa kuno disebutkan bahwa pada tahun 784 Saka (860 M) Rakai Walaing Pu Kumbhayoni menganugerahkan sawah dan dua bukit di Tamwahurang untuk keperluan pemeliharaan bangunan suci Syiwa bernama Bhadraloka. Para ahli berpendapat bahwa Sri Kumbaja atau Sri Kalasodbhaya adalah Pu Kumbhayani dan bangunan Syiwa yang dimaksud adalah Candi Barong.Candi Barong pertama kali ditemukan dalam keadaan runtuh pada saat perluasan kebun tebu oleh seorang belanda dan mulai dilakukan kegiatan pemugaran pada tahun 1979. kemudian dilanjutkan dengan studi teknis pada tahun 1985 kemudian pemugaran kembali mulai tahun 1987 sampai dengan tahun 1999. Untuk selanjutnya, candi ini dimanfaatkan sebagai salah satu aset wisata untuk Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pengalaman yang didapat
Saat berkunjung ke wisata ini, pengunjung/wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar yang indah disertai hijaunya padang rumput ditambah udara yang sangat sejuk pada sore hari, karena letak dari Candi Barong berada di atas bukit. Selain itu di Candi ini pengunjung menambah wawasan tentang Candi bercorak hindu peninggalan sejarah pada zaman dahulu dengan relief dan patung berupa barong. Pada moment sore hari dapat melihat sunrise dan sunset dengan pemandangan nan indah di balik cantiknya Candi Barong.

Tips
Wisata Candi Barong sangat cocok untuk liburan dengan keluarga atau sanak saudara. yang dimana tempat ini merupakan tempat bersejarah untuk dapat menambah wawasan tentang situs-situs peninggalan pada zaman dahulu. Pada saat berkunjung ke Candi Barong hendaknya membawa penutup kepala seperti topi atau payung. mengingat lokasi Candi berada di tempat terbuka karena pada siang hari cuaca akan terasa panas.




Harga Tiket Masuk
Harga tiket masuk Candi Barong terbilang cukup murah. Wisatawan yang akan berkunjung akan dikenakan biaya Rp.5000 untuk wisatawan lokal dan Rp.10.000 untuk wisatawan mancanegara dan biaya parkir kendaraan pribadi seperti motor Rp. 2.000 sedangkan mobil pribadi Rp. 5.000.
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo

Beringharjo merupakan pusat perbelanjaan tradisional terlengkap di kawasan Malioboro Yogyakarta.

Candi Sewu
Candi Sewu

Candi ini lebih dikenal dengan legenda cerita percintaan antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso

Candi Borobudur
Candi Borobudur

Megahnya arsitektur Candi Borobudur, luas area, dan juga sejarahnya membuat candi ini ditetapkan oleh UNESCO menjadi salah satu warisan budaya