Candi Borobudur

Candi Borobudur
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Candi Borobudur merupakan salah satu candi buddha terbesar di dunia dan ada di Indonesia. Kekayaan budaya dan sejarah candi ini pun sudah diakui dunia.
Terletak sekitar 40 kilometer barat laut dari Kota Yogyakarta, Borobudur terletak di atas bukit pada dataran yang dikelilingi Gunung Sindoro-Sumbing di sebelah barat laut dan Merbabu-Merapi di sebelah timur laut, di sebelah utara terdapat bukit Tidar, lebih dekat di sebelah selatan terdapat jajaran perbukitan Menoreh, serta candi ini terletak dekat pertemuan dua sungai yaitu Sungai Progo dan Sungai Elo di sebelah timur.

Candi ini berbentuk kotak, memiliki 4 pintu masuk, dan pusat candi yang berbentuk lingkaran.

Ada 3 zona di candi borobudur:

  1. Kamadhatu, berupa 160 relief dinding dengan penjelasan Karmawibhangga Sutra (hukum sebab-akibat). Melambangkan alam dunia.

  2. Rupadhatu, terdiri dari ukiran relief dan patung Buddha. Ada kurang lebih 328 patung buddha dengan hiasan relief disini. Melambnagkan alam peralihan, alam dimana manusia terbebas dari urusan dunia.

  3. Arupadhatu, zona ini adalah zona lingkaran di pusat candi, berupa tiga serambi yang mengarah ke kubah di bagian tengah. Area ini tidak ada hiasan relief, menandakan kemurnian tertinggi.

Sejarah Berdirinya Candi Borobudur

Sejarah berdirinya Candi Borobudur diperkirakan sekitar tahun 750 Masehi. Candi Borobudur dibangun oleh raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra, salah satu dinasti besar dan berkuasa yang pernah ada di Indonesia.

Candi ini menjadi pusat perkembangan agama Buddha pada saat itu sampai pada akhirnya ditelantarkan. Kemungkinan penyebabnya adalah karena serangkaian letusan gunung Merapi, yang menyebabkan penduduk berpindah ke tempat lain yang lebih aman. Saat pulau Jawa ada di bawah kendali Inggris, gubernur jenderal Thomas Stamford  Raffles pada tahun 1814 menerima kabar tentang adanya bangunan kuno besar di hutan dekat desa Bumisegoro. Raffles kemudian mengutus HC cornelius, insinyur belanda, untuk menyelidikinya.

Pada tahun 1973, pemerintah Indonesia mengajukan permintaan ke dunia internasional untuk pemugaran peninggalan bersejarah ini. Tahun 1975 sampai dengan 1982, proses pemugaran besar-besaran berlangsung dengan bantuan UNESCO. Setelah renovasi benar-benar selesai, candi borobudur masuk ke dalam daftar situs warisan dunia di tahun 1991.

Pengalaman

Candi Borobudur menjadi tujuan tempat wisata favorit di Jawa tengah. Tak hanya sebagai tempat wisata, peninggalan bersejarah ini juga berfungsi kembali menjadi salah satu tempat keagamaan dan ziarah agama Budha di Indonesia. Kemegahan candi ini memang tidak ada duanya. Jika anda lihat langsung, akan terasa sekali besarnya bangunan dan keseluruhan area. Berada di ketinggian, keindahan arsitektur dan alam sekitar candi sangat terasa.

Yang paling menonjol dari Candi Borobudur adalah banyaknya relief (ukiran dinding) dan Stupa. Struktur bangunan Borobudur dibangun dengan menggunakan gaya mandala. Selain itu juga melambangkan konsep alam semesta dalam kepercayaan buddha.

Salah satu daya tarik yang paling banyak banget dicari wisatawan adalah menikmati sunrise di Candi Borobudur. Panorama sunrise di puncak candi ini memang sudah mendunia dan sangat indah. Tiket bisa dibeli di Manohara hotel langsung, mulai dari pukul 4.30 pagi. Untuk menyaksikan sunrise di Candi Borobudur, harga paket untuk wisatawan domestik Rp 325.000 (dewasa) dan Rp 162.500 (anak-anak), sudah termasuk snack dan minuman. 

Kemudian ada safari gajah yang juga menjadi satu aktivitas unik yang bisa anda lakukan. Ada berbagai paket yang ditawarkan, dengan berbagai pilihan durasi waktu dan area yang dikunjungi. Harga mulai dari Rp 250.000/orang. Jika hanya menunggang gajah, berfoto, atau memberi makan gajah, harganya masih terjangkau. Untuk menunggangi gajah tiketnya mulai dari Rp 50.000/10 menit. Kemudian ada juga koleksi museum di area Candi Borobudur yang dapat anda kunjungi. 

Selain hal diatas, kita juga bisa bersepeda mengitari area Candi, menikmati kuliner dan belanja oleh-oleh, dan bagi keluarga bisa berkeliling candi dengan kereta kelinci yang sudah disediakan pengelola. Jam buka Candi Borobudur adalah dari jam 06.00 - 17.00 WIB

Tempat wisata di sekitar Candi Borobudur adalah:
- Candi Pawon
- Candi Mendut
- Mendut Buddhist Monastery
- Punthuk Setumbu
- Gereja Ayam

Tips
Jika anda berkunjung ke Candi Borobudur pada siang hari, sediakan payung atau topi karena cuaca yang begitu terik.




Harga Tiket Masuk

Obyek Wisata Jam Operasional Tiket Masuk Biaya Parkir
Domestik Mancanegara Bus City Car
Candi Borobudur
Anak-anak (3-10 tahun)
06.00 - 17.00 IDR 50.000 $25 IDR 30.000 IDR 20.000
IDR 25.000 $15

Catatan : Untuk tiket rombongan pelajar atau mahasiswa dengan minimal peserta 20 orang wajib membawa surat pengantar dari kampus atau sekolah yang bersangkutan.
Perhatian: Harga tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Museum Benteng Vredeburg
Museum Benteng Vredeburg

Anda dapat menemukan kemegahan bangunan Benteng Vredeburg yang penuh dengan nuansa klasik dan eksotis serta sejarah perjuangan Indonesia yang lengkap

Spot Riyadi
Spot Riyadi

Jika kamu berkunjung ke Jogja, rasanya kurang lengkap jika tidak menyempatkan diri menikmati suguhan menarik di Spot Riyadi.

Candi Lumbung
Candi Lumbung

Salah satu destinasi wisata berupa candi yang berada di dalam kompleks kawasan Candi Prambanan yang bercorak Candi Buddha