Candi Ijo - Testimoni

Candi Ijo - Testimoni
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Candi Ijo terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Berada 4 kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko atau kira-kira 18 kilometer di sebelah timur kota Yogyakarta. Candi Ijo memiliki jarak kurang lebih 28 km dari arah timur Yogyakarta. Anda bisa menggunakan rute menuju Candi Prambanan, setelah itu pilih arah selatan, arah menuju Candi Ijo ada di jalan raya yang menghubungkan antara Yogyakarta serta Piyungan. Sesudah menempuh kurang lebih 15 menit, Anda akan menemukan papan nama yang bertuliskan Candi Ijo. Candi ini berada lereng barat sebuah bukit yang masih merupakan bagian perbukitan Batur Agung, kira-kira sekitar 4 kilometer arah tenggara Candi Ratu Boko. Dimana pada bagian bawah lereng tersebut terdapat wisata tebing Breksi Jogja yang merupakan bekas pertambangan batu alam. Posisinya berada pada lereng bukit dengan ketinggian rata-rata 425 meter di atas permukaan laut.

Candi ini dinamakan "Ijo" karena berada di atas bukit yang disebut Gumuk Ijo. Kompleks percandian membuka ke arah barat dengan panorama indah, berupa persawahan dan bentang alam, seperti Bandara Adisucipto dan pantai Parangtritis.

Dataran tempat kompleks utama candi memiliki luas sekitar 0,8 hektare, namun kuat dugaan bahwa kompleks percandian Ijo jauh lebih luas, dan menjorok ke barat dan utara. Dugaan itu didasarkan pada kenyataan bahwa ketika lereng bukit Candi Ijo di sebelah timur dan sebelah utara ditambang oleh penduduk, banyak ditemukan artefak yang mempunyai kaitan dengan candi.

Aktivitas yang dapat dilakukan

Candi Ijo merupakan candi yang berada di atas bukit dengan pemandangan Kota Yogyakarta dan Landasan Pacu Bandara Adisucipto. Karena lokasinya tersebut, banyak wisatawan yang mengunjungi candi ini untuk melihat matahari tenggelam (sunset) dari halaman candi.

Selain itu lokasi candi Ijo yang berdekatan dengan lokasi wisata lainnya membuat wisata anda semakin lengkap.

Sejarah :

Candi Ijo diyakini di bangun antara kurun abad ke-10 sampai dengan ke-11 Masehi pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram. Bangunan Candi Ijo berfungsi sebagai pemujaan dewa dewi  di dalam keagamaan Hindu. Dinamakan dengan Candi Ijo karena penemuan Candi ini di perbukitan yang disebut Gumuk/bukit Ijo. Nama ini telah disebut dalam prasasti Poh berangka tahun 906 Masehi berbahasa Jawa Kuno, dalam penggalan " ... anak wanua i wuang hijo ..." yang artinya (anak desa, orang Ijo)

 

Tips:

Saat hendak menuju untuk berkunjung ke Candi Ijo sebaiknya kendaraan harus dalam keadaan baik. Karena akses jalan menuju kesana sangat terjal dengan tanjakan dan turunan jalan yang sangat curam. Selain itu bis tidak dapat menuju ke obyek wisata Candi Ijo. Kondisi badan juga harus dalam keadaan prima, dan jangan lupa membawa penutup kepala seperti payung atau topi untuk menghindari panasnya terik matahari yang sangat menyengat di saat siang hari.




Harga Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki Candi Ijo, anda hanya akan dikenakan tiket seharga Rp.5000 untuk wisatawan lokal dan Rp.10.000 untuk wisatawan mancanegara. Serta biaya kontribusi parkir bagi anda yang membawa kendaraan.

Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Titik Nol Kilometer
Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer Yogyakarta menjadi salah satu tempat favorit di Yogyakarta.

Taman Sari
Taman Sari

Taman Sari atau Water Castle terletak di pusat kota Yogyakarta, tidak jauh dari Keraton Yogyakarta dan Malioboro.

Tebing Breksi
Tebing Breksi

Pada saat cerah, kita dapat menikmati pemandangan sunset dan sunrise serta keindahan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu dari kejauhan