Candi Lumbung

Candi Lumbung
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Candi Lumbung merupakan salah satu destinasi wisata berupa candi yang berada di dalam kompleks kawasan Candi Prambanan yang bercorak Candi Buddha. Candi ini memiliki hubungan dekat dengan Candi sewu, yang dimana Candi ini memiliki kemiripan hampir sama. Candi Sewu sendiri juga merupakan salah satu Candi yang terdapat di dalam kompleks kawasan Candi Prambanan. Di Candi ini, wisatawan akan disuguhkan dan kekaguman dengan bangunan-bangunan bersejarah berupa stupa serta prasasti-prasasti peninggalan dari kerajaan Mataram kuno yang masih terlestarikan dan terjaga sampai sekarang ini.
 
Letak Geografis :
Letak geografis dari Candi Lumbung ini terletak berada di kawasan Prambanan, tepatnya di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Atau sekitar 18,5 Km dari pusat kota Yogyakarta.
 
Sejarah :
Candi Lumbung adalah sebutan dari masyarakat disekitarnya, karena bentuk dari bangunan Candi ini mirip sekali dengan Lumbung atau bangunan tempat penyimpanan padi. Candi dengan bercorak Candi Buddha yang terdapat di kawasan kompleks Candi Prambanan. tepatnya di sebelah Candi Bubrah. Bangunan Candi ini peninggalan dari kerajaan Mataram kuno. Diperkirakan dibangun pada abad 9 sampai abad ke-10. Pada zaman dahulu Candi Lumbung ini berfungsi sebagai persemayaman Triratna.
 
Pengalaman :
Wisatawan akan dibuat kagum dengan bangunan bangunan bersejarah peninggalan pada abad 9- abad 10 yang masih terjaga dan dilestarikan sampai saat ini. Dan keindahan dari stupa serta prasasti dengan pahatan yang terdapat pada batu-batu di dinding-dinding bangunan yang memiliki unsur seni yang pada saat jaman dulu sudah mengenal dengan seni ukir di bebatuan untuk dijadikan bangunan yang indah.
 
Info wisata sekitar :
Disekitar bangunan Candi Lumbung, terdapat pula Candi Prambanan yang merupakan salah satu Candi terbesar di wilayah kompleks kawasan di Candi tersebut. selain itu juga terdapat Candi Bubrah, Candi Sewu yang masih masuk di dalam kompleks kawasan Candi Prambanan. 
 
Tips :
Tips buat wisatawan pada saat berkunjung ke obyek wisata Candi Lumbung, hendaknya membawa penutup kepala seperti topi atau payung. karena pada saat siang hari akan terasa sangat panas karena Candi ini berada di tempat terbuka. Dan juga harus mempersiapkan kondisi tubuh dalam keadaan prima.




Harga Tiket Masuk
Untuk tiket harga masuk ke obyek wisata Candi Lumbung sudah 1 tiket dengan tiket masuk Candi Prambanan.
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Taman Sari
Taman Sari

Taman Sari atau Water Castle terletak di pusat kota Yogyakarta, tidak jauh dari Keraton Yogyakarta dan Malioboro.

Candi Plaosan
Candi Plaosan

Merupakan salah satu dari sekian banyak Candi yang terdapat di daerah kawasan Prambanan dan Kalasan

Candi Barong
Candi Barong

Candi Peninggalan bersejarah, moment sunrise & sunset yang indah dengan pemandangan alam sekitar ditemani hijaunya padang rumput dan udara yang