Candi Mendut

Candi Mendut
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Candi Mendut berada di Jawa Tengah, tepatnya di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Berjarak sekitar kurang lebih 3 Km dari Candi Borobudur atau 38 Km dari Kota Yogyakarta. Merupakan candi umat Buddha, memiliki umur lebih tua dari Candi Borobudur. Bersebelahan langsung dengan Mendut Buddhist Monastery sebagai tempat sembahyang umat Buddha.

Sejarah Singkat :

Berdasarkan penemuan Prasasti Kayumwungan di Karang Tengah oleh arkeolog dan sejarawan ternama asal Belanda JG de Casparis, candi ini dibangun pada tahun 824 Masehi pada masa Raja Indra dari Dinasti Syailendra. Kata mendut sendiri berasal dari kata Venu, Vana, Mandira yang berarti Candi yang berada di tengah hutan bambu. Candi Mendut di temukan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1836 dalam kondisi keadaan terkubur tanah dan tidak terdapat bagian atap Candi. Pada tahun 1897 hingga 1904 dilakukan pemugaran pertama oleh pemerintahan Hindia Belanda. Pemugaran dilakukan rekonstruksi bangunan candi, termasuk bagian atap yang hilang. Pada tahun 1908 dilakukan pemugaran kembali tahap 2 untuk dilakukan pengembalian dan perbaikan pembentukan atap candi, pemasangan stupa, serta penyempurnaan Candi. Pemugaran ini sempat terhenti dan dilanjutkan kembali pada tahun 1925 hingga selesai. Kegiatan pemugaran rekonstruksi ini dipimpin oleh Theodoor Van Erp asal Belanda.

Pengalaman :

Di dalam Candi Mendut, kita akan dimanjakan dengan keindahan relief-relief yang terdapat di dinding-dinding Candi yang merupakan salah satu Candi tertua dari Candi Borobudur. Makna dari Relief-relief ini menceritakan tentang kehidupan Buddha dan mengenal lebih jauh dari agama Budha yang dipadukan dengan kebudayaan pada masa kerajaan dahulu. Dilokasi Candi Mendut terdapat pohon rindang yang berumur sudah sangat tua dan terdapat Vihara tempat sembahyang umat Buddha dalam acara-acara keagamaan ditambah dengan adanya biksu yang sedang mendalami ilmu agama salah satunya dengan bermeditasi. Tak lepas juga pemandangan sunset dan sunrise yang sangat indah saat berada di lokasi Candi Mendut untuk momen saat pengambilan foto.

Info Wisata Sekitar :

Terdapat salah satu Candi Borobudur yang merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia, dan Candi Pawon yang merupakan Candi memiliki garis lurus dengan Candi Mendut dari arah Utara ke Selatan apabila dilihat dari peta.

Tips dan Trik :

Jangan lupa membawa kamera pada saat mengunjungi lokasi Candi Mendut untuk agar tidak kehilangan momen berkesan dan pastikan kita dalam kondisi kesehatan yang prima.




Harga Tiket Masuk
Untuk Harga Tiket Masuk (HTM) ke lokasi Candi Mendut akan dikenakan biaya Rp. 5.000/orang ditambah biaya parkir bagi anda yang membawa kendaraan pribadi (mobil/motor)
Perhatian: Harga tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Candi Sambisari
Candi Sambisari

Candi Sambisari dibangun di kedalaman sekitar 6,5 meter dibawah permukaan tanah.

Jalan Malioboro
Jalan Malioboro

Malioboro adalah pusat perbelanjaan terkenal di Yogyakarta. Perpaduan belanja kuno dan modern ada disini.

Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo

Beringharjo merupakan pusat perbelanjaan tradisional terlengkap di kawasan Malioboro Yogyakarta.