Candi Pawon

Candi Pawon
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Candi Pawon
Candi Pawon menjadi salah satu peninggalan berharga selain Candi Borobudur dan Candi Mendut di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Pawon yang berukuran relatif kecil dengan sebuah bilik ini berada tersembunyi di tengah pemukiman penduduk desa setempat.

Geografis
Candi Pawon terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Candi yang mempunyai nama lain Candi Brajanalan ini lokasinya sekitar 2 km ke arah timur laut dari Candi Borobudur dan 1 km ke arah tenggara dari Candi Mendut. Letak Candi Mendut, Candi Pawon dan Candi Borobudur yang berada pada satu garis lurus mendasari dugaan bahwa ketiga candi Buddha tersebut mempunyai kaitan yang erat. Selain letaknya, kemiripan motif pahatan di ketiga candi tersebut juga mendasari adanya keterkaitan di antara ketiganya.

Sejarah
Candi Pawon merupakan tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra ( 782 - 812 M ), ayah Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Nama "Pawon" sendiri, menurut sebagian orang, berasal dari kata pawuhan yang berarti tempat menyimpan awu (abu). Berbeda dengan candi Buddha pada umumnya, bentuk tubuh Candi Pawon ramping seperti candi Hindu. Candi Pawon, Candi Borobudur, dan Candi Mendut terletak dalam satu garis lurus di peta sehingga sampai saat ini diduga ketiga candi memiliki hubungan tertentu selain motif candi yang agak mirip. Batur candi setinggi sekitar 1,5 m berdenah dasar persegi empat, namun tepinya dibuat berliku-liku membentuk 20 sudut. Dinding batur dihiasi pahatan dengan berbagai motif, seperti bunga dan sulur-suluran. Berbeda dengan candi Buddha pada umumnya, bentuk tubuh Candi Pawon ramping seperti candi Hindu.

Pengalaman
Sebagai titik di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut, Candi Pawon menjadi lokasi yang sangat sayang jika tidak dikunjungi meskipun ukurannya merupakan yang terkecil jika dibandingkan dengan Candi Borobudur dan Candi Mendut. Candi Pawon biasa menjadi tempat persinggahan yang memiliki udara cukup sejuk yang menyediakan aneka kuliner dan toko souvenir di sekitarnya sebelum melanjutkan perjalanan wisata ke Candi Borobudur maupun Candi Mendut. Hal ini juga didukung oleh mudahnya petunjuk jalan, akses, dan suasana yang tidak terlalu bising untuk menikmati keeksotisan candi maupun diabadikan melalui kamera pengunjung.

Tips
Jangan lupa membawa kamera pada saat mengunjungi lokasi Candi Mendut untuk agar tidak kehilangan momen berkesan dan pastikan kita dalam kondisi kesehatan yang prima.




Harga Tiket Masuk

Untuk Harga Tiket Masuk (HTM) ke lokasi Candi Pawon akan dikenakan biaya Rp. 5.000/orang ditambah biaya parkir bagi anda yang membawa kendaraan pribadi (mobil/motor)

Perhatian: Harga tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Candi Plaosan
Candi Plaosan

Merupakan salah satu dari sekian banyak Candi yang terdapat di daerah kawasan Prambanan dan Kalasan

Kampung Batik Giriloyo
Kampung Batik Giriloyo

Belajar dan membuat batik tulis secara langsung menggunakan alat tradisional (canting) di wisata kampung Batik.

Candi Ijo
Candi Ijo

Candi Ijo adalah sebuah kompleks percandian bercorak Hindu,.