Candi Plaosan

Candi Plaosan
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Candi Plaosan merupakan salah satu dari sekian banyak Candi yang terdapat di daerah kawasan Prambanan dan Kalasan. Candi Plaosan masih menganut budaya dan agama Buddha. Untuk pemandangan sekitar Candi Plaosan tidak jauh beda dengan pemandangan-pemandangan Candi yang lain nya. Wisatawan akan dibuat takjub dengan bangunan bersejarah peninggalan pada abad ke 9. Selain itu Candi ini merupakan spot untuk berswafoto pada saat matahari terbenam berlatar belakang Candi Plaosan.

Letak Geografis
Candi Plaosan Terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan. Jarak dari pusat Kota Yogyakarta kurang lebih 16 Km dapat ditempuh dengan perjalanan 30 menit.

Sejarah
Candi Plaosan adalah sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh/Desa Plaosan Kalasan Yogyakarta. Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang, atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno yang berasal dari Wangsa Sanjaya yang berkuasa dari tahun 840 -856. Menurut prasasti Cri Kaluhuran yang dibuat pada tahun 842 masehi, bahwa Candi Plaosan dibangun oleh Ratu Sri Kaluhuran. Sri Kaluhuran sendiri adalah gelar Pramodyawardhani untuk seorang putri dari Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra yang menganut agama Buddha yang bersuami dari Wangsa Sanjaya yang beragama Hindu yaitu Rakai Pikatan. Candi Plaosan ini merupakan sebuah simbol dari ikatan dan kekuatan cinta yang suci yang ditunjukan oleh keduanya sehingga membuat kedua keluarga luluh hatinya dan merestui hubungan keduanya. Menurut mitos apabila kedua pasangan yang datang ke candi Plaosan ini maka, hubungan keduanya akan langgeng. Candi Plaosan pernah mengalami beberapa kali pemugaran. Tahun pertama pada 1962 yang dilakukan oleh Dinas Purbakala. Tahun kedua pada 1990 yang dilakukan oleh Suaka peninggalan Sejarah dan Purbakala Jawa Tengah.

Pengalaman
Saat mengunjungi obyek wisata Candi Plaosan, kita akan dimanjakan dengan pemandangan bangunan sejarah yang masih berdiri tegak dan terjaga kelestarian nya. Dengan hiasan relief di dinding-dinding dan stupa serta arca yang terbuat dari batuan. Selain itu pemandangan di sore hari, kita akan melihat indahnya saat matahari terbenam dengan berlatarkan bangunan-bangunan Candi yang menjadi tempat yang bagus untuk berswafoto untuk mengambil momen dan mengabadikan.

Info Wisata Sekitar
Terdapat banyak tempat wisata yang berdekatan dengan Candi Plaosan ini diantaranya terdapat Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Lumbung, Candi Bubrah, dan obyek wisata Tebing Breksi.



Tips
Disaat hendak mengunjungi obyek wisata Candi Plaosan, ada baiknya berkunjung di sore hari untuk menghindari panas nya terik matahari, karena Candi ini berada di tempat yang terbuka. dan disarankan apabila berkunjung di siang hari, sebaiknya membawa penutup kepala seperti payung atau topi. Dan juga untuk menjaga kondisi tubuh dan usahakan kondisi tubuh dalam keadaan prima saat berkunjung ke Candi plaosan.

 




Harga Tiket Masuk
Harga tiket masuk ke Candi Plaosan untuk wisatawan domestik akan dikenakan biaya Rp. 15.000/orang dan untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya Rp. 55.000/orang
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Tebing Breksi
Tebing Breksi

Pada saat cerah, kita dapat menikmati pemandangan sunset dan sunrise serta keindahan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu dari kejauhan

Candi Sambisari
Candi Sambisari

Candi Sambisari dibangun di kedalaman sekitar 6,5 meter dibawah permukaan tanah.

Candi Barong
Candi Barong

Candi Peninggalan bersejarah, moment sunrise & sunset yang indah dengan pemandangan alam sekitar ditemani hijaunya padang rumput dan udara yang