Candi Plaosan Kidul - Peta Lokasi

Candi Plaosan Kidul - Peta Lokasi
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Candi Plaosan Kidul adalah bagian dari situs purbakala Candi Plaosan/Candi Plaosan Lor yang jaraknya cukup dekat. Candi Plaosan/Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul sebenarnya merupakan satu kesatuan, hanya saja belum dilakukan ekskavasi lebih lanjut di sekitar kawasan tersebut. Di Candi ini hanya ada beberapa bangunan Candi yang sudah terbangun dan sisanya masih berupa reruntuhan bebatuan yang berserakan di sekeliling Candi tersebut.

 

Letak Candi Plaosan Kidul ini sendiri cukup berdekatan dengan Candi Plaosan/Candi Plaosan Lor, masih berada di kawasan Candi yang sama Yang berada di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. dan berjarak 19 Km dari pusat kota Yogyakarta dengan ditempuh waktu kurang lebih 45 menit.

 

Reruntuhan Candi Plaosan Kidul pertama kali ditemukan oleh Ijzerman, seorang arkeolog Belanda saat melakukan penelitian pada Agustus 1909. Arkeolog tersebut menemukan 16 candi kecil yang berada dalam tanah dengan keadaan rusak. Candi Plaosan Kidul dipugar pada tahun 1990-an oleh Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Jawa Tengah. Kemudian pada bulan Oktober 2003, di sekitar Candi Plaosan Kidul ditemukan inskripsi terbuat dari emas berukuran 18,2 cm x 2,2 cm. Inskripsi yang ditulis dengan memakai huruf Jawa Kuno dan menggunakan bahasa Sanskerta. Belum ada penjelasan mengenai penemuan tersebut. Diperkirakan Candi ini dibangun bersamaan dengan Candi Plaosan pada abad ke 9. dan corak Candi ini merupakan Candi Buddha. Sejarah pembangunan Candi ini hampir sama dengan sejarah Candi Plaosan/Candi Plaosan Lor yang dimana diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Mataram kuno oleh Raja Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan.

 

Untuk di Candi ini hanya terdapat beberapa bangunan Candi yang berdiri tegak, dan sisanya masih berupa reruntuhan bebatuan yang berserakan yang merupakan bagian dari candi yang masih belum di restorasi/dipugar. Untuk di Candi Plaosan Kidul masih sedikit pengunjung yang datang dikarenakan Bangunan Candi yang masih belum seluruhnya terbangun. Struktur relief Candi ini menggambarkan tokoh-tokoh wanita, dan candi yang terletak di sebelah kanan (selatan) dinamakan Candi Induk Selatan dengan relief menggambarkan tokoh-tokoh laki-laki. Di bagian utara kompleks terdapat masih selasar terbuka dengan beberapa arca buddhis. Kedua candi induk ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara serta 50 buah candi perwara, juga parit buatan. Pada masing-masing candi induk terdapat 6 patung/arca Dhyani Boddhisatwa. Walaupun candi ini adalah candi Buddha, tetapi gaya arsitekturnya merupakan perpaduan antara agama Buddha dan Hindu.

 

Wisata sekitar yang berdekatan dengan Candi Plaosan Kidul diantaranya terdapat Candi Plaosan/Candi Plaosan Lor yang berjarak sekitar 50-100m, Candi Prambanan dan Candi Sewu sekitar 1 Km ke arah timur laut, Candi Bubrah dan Candi Lumbung, selain itu juga terdapat obyek wisata Tebing Breksi.

 

Obyek Wisata Candi Plaosan Kidul buka dari jam 09.00 - 16.00 WIB. Tips untuk wisatawan yang akan mengunjungi tempat obyek wisata Candi Plaosan Kidul pada siang hari disarankan agar membawa pelindung kepala seperti payung serta topi atau jika memang diperlukan untuk menggunakan sunblock. Karena pada siang hari cuaca akan sangat panas, dan sebagian besar lokasi Candi Plaosan Kidul berada hamparan terbuka. disarankan agar tidak mencoret-coret bangunan dan sekeliling Candi. Jangan lupa menjaga kebersihan sekitar Candi dengan tidak membuang sampah sembarangan untuk menjaga kelestarian Candi tersebut.




Harga Tiket Masuk

Tarif harga tiket masuk (HTM) Rp. 5.000/orang sudah dengan tiket masuk Candi Plaosan/Candi Plaosan Lor. Sedangkan untuk biaya parkir motor dikenakan tarif Rp. 2.000, kendaraan pribadi mobil Rp. 5.000, Minibus Rp. 15.000, dan Bus Rp. 25.000.

Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Candi Plaosan
Candi Plaosan

Merupakan salah satu dari sekian banyak Candi yang terdapat di daerah kawasan Prambanan dan Kalasan

Candi Sewu
Candi Sewu

Candi ini lebih dikenal dengan legenda cerita percintaan antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso

Hutan Pinus Asri Mangunan
Hutan Pinus Asri Mangunan

Scenery hutan-hutan pinus yang biasa ditemukan di luar negeri inilah yang membuat Hutan Pinus Mangunan menjadi tempat favorit