Candi Sambisari

Candi Sambisari
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Candi Sambisari berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini merupakan candi Hindu yang dibangun oleh Raja Mataram Hindu dari dinasti Syailendra pada awal abad ke-9. Menikmati kemegahan candi yang berada dibawah permukaan tanah tentunya menjadi pengalaman menarik yang tidak terlupakan.
Dari Kota Yogyakarta candi ini berjarak sekitar 12 km arah timur. Komplek candi terdiri dari sebuah candi induk dan tiga candi perwara yang berada di depannya. Candi induk berbentuk persegi dengan panjang sisi 13,65 meter memiliki tinggi 7,5 meter. Di sisi luar candi terdapat relung-relung yang diisi oleh arca Durga di sisi utara, arca Ganesha di sisi timur, dan arca Agastya di sisi selatan. Berdasarkan arsitektur dan bentuk ornamen, Candi Sambisari memiliki kemiripan dengan Candi Prambanan. Di dalam candi induk terdapat lingga dan yoni, di mana lingga merupakan perwujudan dari dewa Siwa sementara yoni merupakan perwujudan dari Sakti, istri dewa Siwa. Hal ini turut diperkuat dengan temuan prasasti emas di salah satu umpak candi induk yang bertuliskan “Hormat, pembuatan tempat (rumah) bagi dewa Siwa”. Dan sekarang sudah diletakkan di museum dekat Candi Sambisari. Di dalam museum terdapat beberapa batuan, arca, juga foto-foto yang menggambarkan kondisi sebelum candi ditemukan yang sebelumnya berupa areal persawahan. Lalu ada juga foto-foto mengenai proses penggalian dan rekonstruksi Candi Sambisari yang berjalan selama puluhan tahun. Keseluruhan candi dikelilingi oleh pagar batu andesit berukuran 50 x 48 meter. Pagar ini masih dikelilingi lagi oleh pagar yang lebih luar namun sebagian besar dibiarkan terkubur. Hanya beberapa bagian timbunan tanahnya saja yang digali dan pagarnya disusun kembali ke bentuk aslinya agar bisa dilihat oleh para pengunjung. Bagian ini bisa dilihat dari bukit sebelah timur komplek candi.

Tempat Wisata dan Lokasi Asyik di Sekitar Candi Sambisari

Warung Soto Bathok Mbah Katro

Warung soto yang berada tak jauh dari Candi Sambisari ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang cukup favorit. Berbeda dengan soto kebanyakan, di warung ini hidangan soto disajikan menggunakan mangkok batok alias tempurung kelapa. Selain soto, kamu juga bisa menikmati tempe goreng, sate usus, maupun sate telur. Saung-saung dan bangku bambu yang nyaman menjadikan suasana bersantap di tempat ini semakin asyik.

Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark tidak jauh dari Candi Sambisari. Terletak di sebelah Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY merupakan wahana wisata yang diresmikan pada akhir tahun 2015. Konon waterpark yang mengusung tema bajak laut ini merupakan waterpark terbesar, tercanggih, sekaligus terlengkap di Indonesia. Ada belasan wahana permainan yang bisa kamu coba di tempat ini. Salah satunya adalah wahana “how to survive in tsunami and earthquake” dimana wahana ini akan menggambarkan kejadian gempa dan tsunami yang dahsyat.

Candi Sari

Candi Sari terletak di dusun Bendan, Tirtomartani, Kalasan. Berbeda dengan Candi Sambisari, candi yang dibangun sekitar abad ke 8 M ini bercorak Candi Buddha. Candi ini mempunyai kemiripan dengan Candi Plaosan dengan bentuk bangunannya yang bertingkat. Di dalam tubuh candi terdapat tiga ruangan yang berjajar, masing-masing dihubungkan dengan pintu masuk. Di sisi luarnya, candi ini memiliki pahatan arca-arca yang berjumlah 36 buah (8 di sisi timur, 8 di utara, 8 di selatan, dan 12 di sisi barat). Berdasarkan pola bangunan dan pembagian ruang di Candi Sari, diperkirakan candi ini dulunya digunakan sebagai vihara dan juga asrama pendeta.

Candi Kalasan

Candi Kalasan atau Candi Tara terletak di Desa Kalibening, Tirtomartani, Kabupaten Sleman, tepatnya sekitar 16 km ke arah timur dari kota Yogyakarta. Sama dengan Candi Sari, candi ini juga bercorak candi Buddha. Candi Kalasan dibangun untuk memuja Dewi Tara dan ditengarai sebagai candi Buddha tertua yang ada di Yogyakarta. Candi Kalasan mempunyai keunikan tersendiri karena seluruh relief yang ada dilapisi semen kuno yang disebut Brajalepha yang terbuat dari getah dari pohon tertentu pada masa itu. Letaknya tidak jauh dari Candi Sambisari.

Jam Buka Candi Sambisari

Jam operasional atau jam buka candi sambisari dibuka setiap hari kecuali hari Minggu tutup, mulai pukul 07.00-17.00 WIB.




Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari Yogyakarta

Tiket

Kategori

Harga

Tiket Masuk

Rp5.000 - Rp10.000

Biaya Parkir

Sepeda Motor

Rp2.000

Mobil

Rp5.000

Bus

Rp10.000

 

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Candi Sojiwan
Candi Sojiwan

Adalah satu Candi warisan Kerajaan Mataram Kuno yang merupakan perpaduan antara Candi Hindu dan Buddha

Grojogan Watu Purbo
Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo, Air Terjun 6 Tingkat di Jogja yang Eksotis

Candi Mendut
Candi Mendut

Merupakan candi umat Buddha, memiliki umur lebih tua dari Candi Borobudur. Bersebelahan langsung dengan Mendut Buddhist Monastery sebagai tempat sembahyang