Candi Sari

Candi Sari
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Candi Sari juga disebut Candi Bendah adalah candi Buddha yang berada tidak jauh dari Candi Prambanan, yaitu di bagian sebelah timur laut dari kota Yogyakarta, dan tidak begitu jauh dari Bandara Adisucipto. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini terdapat 9 buah stupa seperti yang tampak pada stupa di Candi Borobudur, dan tersusun dalam 3 deretan sejajar. Bentuk bangunan candi serta ukiran relief yang ada pada dinding candi sangat mirip dengan relief di Candi Plaosan. Beberapa ruangan bertingkat dua berada persis di bawah masing-masing stupa, dan diperkirakan dipakai untuk tempat meditasi bagi para pendeta Buddha (biksu) pada zaman dahulunya. Candi Sari pada masa lampau merupakan suatu Vihara Buddha, dan dipakai sebagai tempat belajar dan berguru bagi para biksu. Candi Sari berbentuk persegi panjang dengan ukuran 17,30 x 10 meter walaupun konon denah aslinya lebih panjang dan lebih lebar sekitar 1,6 m menjorok keluar. Tinggi keseluruhan candi dari permukaan tanah sampai puncak stupa adalah 18 m. Gerbang candi memiliki lebar sepertiga lebar dinding depan dan tingginya separuh dari tinggi dinding candi, namun gerbang itu sekarang sudah tidak ada lagi. Di dalam candi terdapat tiga ruangan berjajar yang masing-masing berukuran 3,48 m x 5,80 m.

Pengalaman
Selain untuk wisata sejarah, pengunjung juga dapat bersepeda. Bersepeda di candi ini tidak akan memakan banyak waktu dikarenakan candi yang berukuran kecil. Selain di sekitar candi, para pengunjung juga dapat bersepeda menyusuri candi-candi lainnya yang lokasinya berdekatan. Para pengunjung dapat bercengkrama dengan penduduk sekitar candi untuk memperkaya cerita dan budaya dengan dalam dari Candi Sari ini sendiri. Mereka akan dengan senang hati menceritakan legenda dan mitos yang telah terjadi di candi ini . Terkenal dengan sifatnya yang ramah membuat pengunjung merasakan mempunyai keluarga baru di Yogyakarta. Disini pengunjung juga dapat berburu dan mengabadikan momen bersama teman dan keluarga ketika berada di Candi Sari ini. Selain bangunan yang unik dengan pahatan arcanya yang bersejarah, Candi Sari ini juga dikelilingi rerumputan yang hijau nan asri dan taman yang cukup sejuk. Dengan latar belakang candi membuat foto yang diambil menjadi lebih eksotis.

Tips
Jangan lupa membawa kamera pada saat mengunjungi lokasi Candi Mendut untuk agar tidak kehilangan momen berkesan dan pastikan kita dalam kondisi kesehatan yang prima.




Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket adalah Rp. 5.000/orang untuk wisatawan lokal dan Rp. 10.000/orang untuk wisatawan mancanegara
Ditambah biaya parkir bagi anda yang membawa kendaraan pribadi (mobil/motor)

Perhatian: Harga tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Grojogan Watu Purbo
Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo, Air Terjun 6 Tingkat di Jogja yang Eksotis

Kedung Pedut
Kedung Pedut

Wisata Alam air terjun paduan 2 warna, berwarna biru tosca dan putih jernih bernuansa keindahan alam nan asri dengan udara

Jalan Malioboro
Jalan Malioboro

Malioboro adalah pusat perbelanjaan terkenal di Yogyakarta. Perpaduan belanja kuno dan modern ada disini.