Candi Sewu

Candi Sewu
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Candi Sewu termasuk salah satu Candi yang berada di kawasan kompleks Candi Prambanan bercorak Candi Buddha. Candi Sewu merupakan Candi terbesar ke 2 di Indonesia setelah Candi Borobudur dan berusia lebih tua dari Candi Prambanan dan Candi Borobudur serta diyakini dibangun pada abad ke 8 masehi. Dinamakan Candi sewu karena Candi ini lebih dikenal dengan legenda cerita percintaan antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang hendak dibuat kan Candi sejumlah seribu Candi atau dalam bahasa Jawa Sewu, tetapi pada kenyataan Candi yang terdapat di kawasan ini hanya berjumlah 249 Candi. Dikawasan Candi ini wisatawan akan banyak menemukan bangunan Candi yang terbesar di sekeliling kawasan ini dengan relief dan stupa serta arca peninggalan pada zaman dahulu.

Letak Geografis :

Secara administratif, kompleks Candi Sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Dan hanya berjarak 800 meter dari Candi Prambanan yang merupakan salah satu candi peninggalan Hindu di Indonesia. Jika pintu masuk candi prambanan menghadap ke Selatan, candi Sewu justru sebaliknya, yaitu menghadap ke Utara. Jika dari pusat kota Yogyakarta berjarak 18 Km dengan lama perjalanan kurang lebih 35 menit.

Sejarah :

Candi sewu diperkirakan didirikan pada abad ke-8 pada masa dinasti Syailendra, dimana pembangunan Candi Sewu hampir bersamaan dengan pembangunan Candi Borobudur di daerah Magelang. Hal ini, didasarkan dalam penemuan prasasti pada tahun 1960-an dimana pada Prasasti Kelurak tercantum tahun 782 Masehi dan juga Prasasti Manjusringrha yang bertuliskan 792 Masehi pada masa kerajaan Mataram Kuno yang dipimpin oleh Rakai Panangkaran (746–784) yang merupakan Raja termasyur pada jamannya. pada masa pemerintahan Rakai Pikatan, seorang pangeran dari dinasti Sanjaya yang menikahi Pramodhawardhani dari dinasti Sailendra. Setelah dinasti Sanjaya berkuasa rakyatnya tetap menganut agama sebelumnya. Adanya candi Sewu yang bercorak buddha berdampingan dengan candi Prambanan yang bercorak hindu menunjukkan bahwa sejak zaman dahulu di Jawa umat Hindu dan Buddha hidup secara harmonis dan adanya toleransi beragama. Selain itu ada cerita yang melegenda dari masyarakat tentang asal usul Candi Sewu ini. yang dimana kisah percintaan antara Bandung Bondowoso kepada Loro Jonggrang. Loro Jonggrang merupakan anak dari Prabu Boko yang merupakan raja yang telah wafat saat di serang oleh Bandung Bondowoso. Disaat Bandung Bondowoso akan mempersunting Roro Jonggrang, Roro Jonggrang meminta 1 syarat kepada Bandung Bondowoso untuk dibuatkan seribu Candi dalam satu malam. Bandung Bondowoso menyanggupi syarat tersebut karena Bandung Bondowoso merupakan seorang yang sakti serta membangun Candi tersebut menggunakan bantuan makhluk halus. Disaat Candi sudah dibangun 999, Loro jonggrang menyuruh para wanita untuk memukul lesung sehingga membangunkan ayam-ayam agar berkokok. Kemudian para mahluk halus berhenti mengerjakan membangun Candi tersebut karena mengira hari sudah mulai pagi. Hal tersebut membuat Bandung Bondowoso murka dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu dan menjadikan candi yang keseribu. Melengkapi persyaratan yang diajukan oleh Roro Jonggrang.

Pengalaman :

Pengalaman yang didapat oleh wisatawan di obyek wisata ini yaitu wisatawan dapat berlibur sambil mengenal tentang sejarah dan takjub dengan bangunan agama Buddha peninggalan pada abad ke 8 masehi yang masih terjaga kelestariannya yang tersebar di sekeliling kawasan Candi sewu. Tak luput Seni relief yang terukir di stupa dan dinding-dinding bangunan Candi terbuat dari batuan. Disamping itu kita dapat menikmati indahnya terbit dan terbenamnya matahari dengan berswafoto berlatar pemandangan Candi-Candi yang terdapat di dalam kawasan Candi Sewu.

Info Wisata Sekitar :

wisata lain yang berdekatan dengan Candi Sewu diantaranya Candi Prambanan, Candi Lumbung, Candi Bubrah, serta obyek Wisata Tebing Breksi.

Tips :

usahakan saat berkunjung ke obyek wisata ini menggunakan penutup kepala seperti topi dan payung. dan jangan lupa kondisi badan harus dalam keadaan prima, mengingat Candi Sewu area kawasan nya cukup luas, sehingga kita akan berjalan kaki untuk melihat-lihat Candi-Candi yang terdapat di dalam kawasan Candi Sewu.




Harga Tiket Masuk
Untuk Harga Tiket Masuk ke kawasan obyek Wisata ini, sudah 1 tiket dengan tiket masuk Candi Prambanan. Untuk wisatawan domestik sebesar Rp. 50.000/orang untuk orang dewasa dan Rp. 25.000/orang untuk anak-anak dari umur 3-10 tahun. Serta untuk harga tiket masuk mancanegara akan dikenakan biaya Rp. $25 untuk dewasa dan $15 untuk anak-anak.
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Titik Nol Kilometer
Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer Yogyakarta menjadi salah satu tempat favorit di Yogyakarta.

The Lost World Castle
The Lost World Castle

Yogyakarta punya tempat wisata yang memiliki tema negeri dongeng loh!

Gereja Ayam
Gereja Ayam

Merupakan salah satu tempat wisata berupa Gereja/tempat berdoa dengan bangunan berbentuk menyerupai ayam yang berada di Jawa tengah