Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Desa kawasan wisata edukasi, desa pengrajin gerabah dan keramik hiasan dengan kualitas dan bernilai seni tinggi terkenal sampai mancanegara.

Geografis : 

Desa Kasongan terletak di daerah pedukuhan Kajen, desa Bangunjiwo, kecamatan Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 6 km dari Alun-alun Utara Yogyakarta ke arah Selatan.

Sejarah :

Desa Kasongan dahulunya merupakan tanah persawahan milik penduduk desa di selatan Yogyakarta. Pada masa penjajahan Belanda di Indonesia, di daerah persawahan milik salah satu warga tersebut ditemukan seekor kuda yang mati. Kuda tersebut diperkirakan milik Reserse Belanda. Karena saat itu masa penjajahan Belanda, maka warga yang memiliki tanah tersebut takut dan segera melepaskan hak tanahnya yang kemudian tidak diakuinya lagi. Ketakutan serupa juga terjadi pada penduduk lain yang memiliki sawah di sekitarnya yang akhirnya juga melepaskan hak tanahnya. Karena banyaknya tanah yang bebas, maka penduduk desa lain segera mengakui tanah tersebut. Penduduk yang tidak memiliki tanah tersebut kemudian beralih profesi menjadi seorang pengrajin keramik yang dulunya hanya mengempal-ngempal tanah yang tidak pecah bila disatukan. Sebenarnya tanah tersebut hanya digunakan untuk mainan anak-anak dan perabot dapur saja. Namun, karena ketekunan dan tradisi yang turun temurun, Kasongan akhirnya menjadi Desa Wisata yang cukup terkenal.

Pengalaman

Di kawasan Desa Kasongan ini kita dapat melihat berbagai hiasan yang terbuat dari gerabah (tanah liat) dan keramik yang bernilai seni tinggi terkenal hingga ke mancanegara. Serta kita dapat melihat langsung pengrajin yang merupakan penduduk setempat yang sedang membuat hiasan-hiasan tersebut. Desa ini juga dapat menjadi desa kawasan edukasi bagi yang ingin melihat proses pembuatan hiasan tersebut.




Harga Tiket Masuk
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Museum Batik Yogyakarta
Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta didirikan sebagai sarana pelestarian koleksi batik dan alat-alat pendukung proses pembuatan batik

Candi Bubrah
Candi Bubrah

Candi Bubrah adalah salah satu situs bersejarah pada abad ke 9 yang merupakan bangunan Candi yang berada di kawasan kompleks

Candi Sewu
Candi Sewu

Candi ini lebih dikenal dengan legenda cerita percintaan antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso