Desa Wisata Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Desa Wisata Pentingsari terletak berada di lereng Gunung Merapi, berjarak kurang lebih 22,5 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Desa ini dikenal oleh mancanegara sebagai salah satu desa wisata dengan segudang penghargaan. Desa ini dibangun dan dirintis hingga menjadi desa wisata, membutuhkan waktu kurang lebih 13 tahun. Berada di dalam kawasan wisata Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) membuat masyarakat desa bergegas mencari keunikan lain dan tidak hanya mengandalkan lokasi wisata. Dengan melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya, seperti bertani, aktivitas kehidupan bersosialisasi di pedesaan dengan keramah tamahan nya,  kebudayaan dan kesenian tradisional yang masih terjaga, serta makanan khas desa. Hal itu yang menarik para wisatawan untuk berkunjung, bahkan tidak sedikit juga yang menginap di homestay rumah-rumah warga dengan suasana pedesaannya yang terbilang masih sangat kental dan menjadikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan dengan langsung berinteraksi dengan warga di desa ini.

Desa Pentingsari sudah banyak mendapatkan penghargaan. Diantaranya Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2017 dalam kategori ekonomi dan masuk 100 Top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019.

Hanya terdapat empat desa di Indonesia yang masuk penghargaan tersebut, yaitu Desa Pemuteran (Bali), Desa Penglipuran (Bali), Desa Wisata Nglanggeran (Yogyakarta), dan Desa Wisata Pentingsari (Yogyakarta).

Dengan berkunjung dan datang ke desa Pentingsari ini, kita bisa melihat dan belajar tentang alam, lingkungan, pertanian, perkebunan, kewirausahaan, kehidupan sosial budaya, dan beragam seni tradisional.

Kita juga akan melihat kearifan lokal yang masih mengakar di masyarakat Pentingsari.

Ada beberapa program wisata desa, seperti live in, kemah, trekking, atau outbound yang bisa dinikmati oleh para wisatawan.

Untuk kegiatan wisata budaya, kita bisa mengikuti kegiatan, seperti belajar gamelan, menari, membatik, membuat wayang rumput, dan membuat janur.

Tertarik berkunjung dan mendapatkan pengalaman menarik menginap di desa ini??

Sumber: 
- travel.kompas.com
- visitingjogja.com




Harga Tiket Masuk
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Candi Bubrah
Candi Bubrah

Candi Bubrah adalah salah satu situs bersejarah pada abad ke 9 yang merupakan bangunan Candi yang berada di kawasan kompleks

Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan Candi umat Hindu terbesar di Indonesia.

Candi Barong
Candi Barong

Candi Peninggalan bersejarah, moment sunrise & sunset yang indah dengan pemandangan alam sekitar ditemani hijaunya padang rumput dan udara yang