Gereja Ayam

Gereja Ayam
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Gereja Ayam merupakan salah satu tempat wisata berupa Gereja/tempat berdoa dengan bangunan berbentuk menyerupai ayam yang berada di Jawa tengah yang pernah menjadi lokasi syuting film AADC. Menjadi salah satu spot untuk berfoto menjelang matahari terbit atau tenggelam dengan pemandangan alam dan Candi Borobudur.

 

Wisata Gereja Ayam ini berada di Bukit rhema yang terletak di kawasan Bukit Menoreh di daerah Magelang, Tepatnya berada di Karangrejo Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Berada di sebelah barat Candi Borobudur, berjarak sekitar 2.5 km. sedangkan dari pusat kota Yogyakarta berjarak kurang lebih 44 km dengan jarak tempuh menggunakan kendaraan pribadi selama 1,5 jam.

 

Bangunan ini merupakan rumah ibadah berupa gereja yang berbentuk mirip seekor ayam lengkap dengan leher dan kepalanya. Gereja ini diperuntukan bagi rumah peribadatan bagi umat kristiani. Bangunan ini di bangun dan didesain oleh Daniel Alamsjah. Pada awal masa pembangunannya, rumah ibadah ini justru didesain agar menyerupai burung merpati. Menurut kepercayaan agama Kristen, burung merpati merupakan simbol dari roh kudus yang turun saat Yesus dibaptis. Dalam perkembangannya pun, bangunan ini tidak hanya difungsikan sebagai tempat ibadah, tapi juga pernah digunakan sebagai tempat rehabilitasi dan penampungan anak-anak pecandu narkoba dan disabilitas/gangguan mental. Karena keterbatasan modal untuk pembangunan dan perawatan, pengerjaan bangunan ini menjadi terhenti dan terbengkalai. Saat itu, struktur bangunan yang telah selesai dibangun adalah bagian sisi depan (dengan bentuk mirip kepala ayam), bagian badan, dan bagian belakang (ekor). Karena itulah, masyarakat sekitar menyebutnya dengan Gereja Ayam, dan bukan gereja merpati. Gereja Ayam saat ini menjadi salah satu tempat wisata di Magelang Jawa tengah.

 

Lokasi obyek Wisata Gereja Ayam ini berada Perbukitan Menoreh tepatnya di Bukit Rhema dengan udara yang sejuk ditemani pemandangan alam yang masih asri. Di wisata Gereja Ayam ini kita dapat melihat indahnya saat matahari terbit dan tenggelam dengan pemandangan Candi Borobudur berlatarkan pegunungan-pegunungan yang menjulang menjadikan pemandangan di lokasi ini menjadi lebih menarik dan indah. terlebih lagi momen ini untuk spot berswafoto dengan mengabadikan nya.

 

Obyek wisata lainya yang terdekat yaitu Punthuk setumbu dan Candi borobudur,

 

Untuk mencapai ke lokasi obyek wisata Gereja Ayam ini terbilang cukup jauh dari Kota Yogyakarta dengan waktu yang ditempuh 1,5 jam dan jalan yang dilalui menanjak. diusahakan kendaraan dalam keadaan baik. dan juga kondisi badan harus prima karena kita akan berjalan ke menuju lokasi ini dan melihat-lihat sekeliling nya. jangan lupa memakai pakaian yang cukup hangat seperti membawa atau memakai jaket karena udara cukup dingin disaat musim hujan. terlebih lagi untuk selalu menjaga kebersihan objek wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mencorat coret bangunan di sekitar lingkungan obyek wisata Gereja Ayam ini.




Harga Tiket Masuk
Harga tiket masuk di Obyek Wisata Gereja Ayam ini dikenakan biaya Rp. 10.000/orang dan untuk parkir kendaraan untuk motor akan dikenakan biaya Rp. 5.000, untuk mobil pribadi Rp. 10.000.
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Kedung Pedut
Kedung Pedut

Wisata Alam air terjun paduan 2 warna, berwarna biru tosca dan putih jernih bernuansa keindahan alam nan asri dengan udara

Candi Plaosan
Candi Plaosan

Merupakan salah satu dari sekian banyak Candi yang terdapat di daerah kawasan Prambanan dan Kalasan

Jalan Prawirotaman
Jalan Prawirotaman

Prawirotaman terkenal dengan sebutan kampung turis karena banyaknya turis yang menyukai kawasan ini.