Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Wisata bernuansa alam, udara nan sejuk dan semilir angin serta pemandangan yang indah dengan dikelilingi pohon-pohon pinus menjadikan suasana damai dan tenang.

Letak Geografis :
Hutan Pinus Mangunan berada di kawasan hutan pinus asri di Jalan Raya hutan pinus Nganjir, Karangasem, kawasan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke lokasi wisata Pinus Mangunan sekitar 24 km atau menempuh waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Sejarah Singkat :

Dahulunya kawasan ini merupakan kawasan tanah kering, tandus dan berkapur yang tingkat kesuburannya rendah. Kemudian oleh pemerintah melalui Perhutani wilayah ini dijadikan sebagai Resort Pengelolaan Hutan (RPH) dengan program utamanya yaitu melakukan reboisasi pada lahan seluas 500 Ha dan difungsikan sebagai kawasan hutan lindung berfungsi pula sebagai kawasan wisata alam dan budaya. Peresmian dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tahun 2015. Pada tahun 2015 memulai merintis menjadikan destinasi tempat wisata dan pada tahun 2016 Pemerintah Daerah (Pemda) DIY yang bekerjasama dengan masyarakat lokal setempat mengajukan proposal ke kementrian dan disetujui Januari 2017.

Pengalaman yang didapat :

Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satu destinasi wisata bernuansa alam di kota Yogyakarta. Dengan kualitas udara yang segar dan sejuk. selain itu pemandangan yang indah dengan dikelilingi pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi sehingga menjadikan tempat ini rindang dan suasana hati menjadi tenang adem. Selain itu terdapat spot untuk berswafoto karena wisatawan dimanjakan dengan pemandangan yang dapat dilihat dari gardu pandang yang berada di ketinggian dan adanya kebun bunga serta bangunan-bangunan yang terbuat dari kayu yang sangat futuristik yang menyatu dengan alam sekitar. Wisata Hutan Pinus Mangunan juga terdapat area outbond dan camping untuk wisatawan yang ingin merasakan segarnya udara dan suasana Hutan Pinus di malam hari bersama dengan teman dan kerabat.

Info wisata sekitar :

Selain Hutan Pinus Mangunan, di wilayah ini juga banyak terdapat tempat wisata lain diantaranya Puncak Becici, Gua Cemara, Kebun Buah Mangunan.

Tips dan trik :

Disarankan bagi traveler atau wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata Hutan Pinus Mangunan harus menyiapkan kondisi kesehatan yang prima, kendaraan harus dalam kondisi yang baik. Karena jalan menuju tempat wisata ini sangat terjal dan tikungan yang curam. Selain itu disarankan untuk membawa jaket karena pada saat musim hujan udara sangat dingin.




Harga Tiket Masuk

Info harga Tiket :

Harga Tiket Masuk (HTM) : Rp. 3.000/orang

Parkir kendaraan bermotor : 

Motor : Rp. 3.000

Mobil pribadi : Rp. 5.000

Bus : Rp. 10.000

Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Candi Pawon
Candi Pawon

Candi Pawon biasa menjadi tempat persinggahan yang memiliki udara cukup sejuk

Candi Borobudur
Candi Borobudur

Megahnya arsitektur Candi Borobudur, luas area, dan juga sejarahnya membuat candi ini ditetapkan oleh UNESCO menjadi salah satu warisan budaya

Ratu Boko
Ratu Boko

Pesona matahari terbenam di Ratu Boko yang begitu cantik.