Jalan Prawirotaman

Jalan Prawirotaman
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Kawasan Prawirotaman tidak hanya menyediakan penginapan yang unik dan terjangkau, tetapi juga banyaknya artshop, cafe, toko buku dan pasar tradisional. Banyak yang menyebut Prawirotaman seperti Legian, Bali. Memasuki kawasan Prawirotaman, anda akan disambut dengan nuansa kampung tengah kota, mulai dari lalu lalang kendaraan hingga sapaan warga yang umumnya dapat berbahasa Inggris. Sederetan penginapan dengan keunikan rancang bangunnya, mulai Jawa klasik hingga hotel masa kini terdapat di kawasan ini. Fasilitas yang disediakan penginapan pun cukup menggoda dengan harga yang terjangkau.

Kawasan Prawirotaman I atau biasa disebut Prawirotaman saja adalah daerah yang paling terkenal. Selain penginapan, di kawasan ini juga terdapat fasilitas wisata lainnya seperti agen tour travel, cafe dan restoran. Di cafe dan restoran yang tersedia, anda bisa menikmati banyak masakan khas Jawa, Eropa, maupun paduan keduanya. Terdapat pula banyak cafe-cafe bagi anda yang ingin menghabiskan waktu berkumpul bersama teman atau keluarga tercinta.

Beberapa artshop juga berjejer menjajakan pernak-pernik seni yang unik. Ada meja yang terbuat dari bambu, kain batik, lemari yang dibuat dari kayu utuh hingga barang-barang antik seperti lampu hias dan keris berusia tua. Salah satu benda antik yang sangat laris di kalangan turis mancanegara adalah cap batik. Biasanya, cap itu digunakan untuk hiasan daun meja, angin-angin ventilasi rumah kayu atau sekedar sebagai koleksi karena dianggap mempunyai nilai seni berupa detail motif yang sangat menarik dan nilai sejarah yang cukup tinggi.

Di sebelah selatan kawasan Prawirotaman I merupakan Prawirotaman II yang berbatasan langsung dengan pasar tradisional di tempat itu. Berjalan-jalan di pasar tradisional pada pagi hari merupakan alternatif wisata yang menarik. Selain bisa menyaksikan hiruk pikuk warga yang tengah berbelanja, anda juga bisa mencicipi makanan tradisional khas Yogyakarta yang banyak dijual. Bila menuju ke sebelah selatan lagi, anda akan bertemu dengan daerah Prawirotaman III yang tak kalah ramainya. Di Prawirotaman III, anda akan lebih banyak menjumpai rumah penduduk.

Tak perlu khawatir jika hendak memulai perjalanan wisata. Sejumlah tempat menyediakan jasa penyewaan sepeda motor dan mobil, bahkan fasilitas antar jemput. Jika belum memiliki rencana wisata, sejumlah agen memiliki cukup referensi tentang tempat wisata menarik di Yogyakarta. Mulai dari wisata budaya seperti candi dan keraton hingga petualangan seperti trekking.




Harga Tiket Masuk
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Candi Mendut
Candi Mendut

Merupakan candi umat Buddha, memiliki umur lebih tua dari Candi Borobudur. Bersebelahan langsung dengan Mendut Buddhist Monastery sebagai tempat sembahyang

Gereja Ayam
Gereja Ayam

Merupakan salah satu tempat wisata berupa Gereja/tempat berdoa dengan bangunan berbentuk menyerupai ayam yang berada di Jawa tengah

Tebing Breksi
Tebing Breksi

Pada saat cerah, kita dapat menikmati pemandangan sunset dan sunrise serta keindahan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu dari kejauhan