Kedung Pedut

Kedung Pedut
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Wisata Alam air terjun paduan 2 warna, berwarna biru tosca dan putih jernih bernuansa keindahan alam nan asri dengan udara yang sangat sejuk.

Letak Geografis

Berlokasi di pegunungan bukit Menoreh, Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 32 km.

Sejarah singkat

Wisata Kedung Pedut pertama kali dibuka untuk umum tanggal 15 februari 2015. Kedung Pedut atau Curug Kedung Pedut berasal dari istilah bahasa jawa yang artinya curug yaitu air terjun, Kedung artinya kubangan atau kolam, Pedut artinya kabut. Diwisata ini terdapat kolam tampungan yang terbentuk secara alami dan memiliki mata air yang mengalir melalui derasnya air terjun kedung pedut. Selain itu warna dari air di wisata ini terdapat 2 warna yaitu hijau tosca dan putih jernih. Warna hijau tosca yang dihasilkan dari pengaruh batuan dasar sungai yang larut secara perlahan serta pantulan batuan di dasar sungai terpancar sinar matahari sehingga merubah warna air berwarna hijau tosca. 

Pengalaman

Kita akan dimanjakan dengan pemandangan-pemandangan indah di perbukitan Menoreh sepanjang perjalanan menuju tempat wisata Kedung Pedut dengan kualitas udara yang sangat sejuk. Dilokasi wisata Kedung Pedut ini, kita juga akan kembali dimanjakan dengan keindahan aliran air terjun alam langsung dari mata air dengan kualitas air yang sangat segar serta pemandangan sekitar yang masih alami dan asri. Ditambah dengan indah nya warna air Kedung Pedut berwarna hijau tosca menjadikan wisatawan terhipnotis untuk segera membasahkan diri dari segarnya air tersebut. Selain itu terdapat 1 kolam yang terdapat didalam lokasi wisata Kedung Pedut yang terbuat secara alami oleh alam.

Tips

Jangan sampai ketinggalan selalu membawa kamera untuk mengabadikan moment-moment di wisata Kedung Pedut. Tetapi selalu berhati-hati dan usahakan kamera yang tahan air karena mengingat lokasi wisata lebih banyak air. Selain itu pastikan kondisi badan dalam keadaan prima saat berkunjung ke lokasi tersebut, karena butuh perjuangan naik turun tangga ke lokasi air terjun. Kendaraan harus dalam keadaan baik terutama rem karena jalan menuju ke lokasi tempat wisata di perbukitan dengan medan tanjakan dan turunan yang relatif terjal dan juga ruas jalan yang sempit.




Harga Tiket Masuk
Saat masuk ke lokasi daerah wisata kawasan Jatimulyo wisatawan akan dikenakan biaya retribusi Rp. 2.000/orang. Untuk harga tiket Masuk (HTM) ke lokasi wisata Kedung Pedut akan dikenakan biaya Rp. 10.000/orang serta tambahan biaya parkir untuk motor Rp. 3.000 dan mobil pribadi Rp. 5.000
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Candi Banyunibo
Candi Banyunibo

Salah satu Candi Budha dari sekian banyak Candi yang berada di daerah Yogyakarta

Candi Ijo
Candi Ijo

Candi Ijo adalah sebuah kompleks percandian bercorak Hindu,.

Jalan Prawirotaman
Jalan Prawirotaman

Prawirotaman terkenal dengan sebutan kampung turis karena banyaknya turis yang menyukai kawasan ini.