Mendut Buddhist Monastery

Mendut Buddhist Monastery
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Mendut Buddhist Monastery adalah Vihara, tempat ibadah umat Budha dengan arsitektur bangunan peninggalan bersejarah, dan tempat belajar mendalami agama bagi biksu.

Letak Geografis :

Berlokasi berada di Jl. Magelang, di Jalan Mayor Kusen, Sumberejo, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini, letaknya berada sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur.

Sejarah Singkat :

Buddhist Monastery merupakan vihara/biara atau tempat ibadah bagi umat Buddha terutama biksu-biksu untuk mendalami ajaran agama budha. Arsitektur bangunannya merupakan bangunan peninggalan bersejarah dibangun oleh raja Indra pada jaman syailendra. Pada tahun 1950 Awal mula vihara ini dahulunya merupakan sebuah biara Katholik dan tanahnya dibagikan kepada rakyat-rakyat. Kemudian tanah-tanah rakyat tersebut dibeli oleh yayasan Buddha dan oleh yayasan tersebut dibangun vihara dengan terdiri dari tempat ibadah, asrama bagi biksu, perpustakaan umum serta taman hingga saat ini dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Pengalaman yang didapat :

Saat pertama kali memasuki lokasi Buddhist Monastery, pengunjung akan dibuat nyaman dengan keheningan di sekitar wilayah tersebut. Karena lokasi ini sangat kental akan nuansa tempat ibadah umat Buddha. wisatawan juga akan banyak mengenal dan mempelajari tentang agama budha serta kehidupan para biksu saat sedang mendalami ilmu agamanya. Saat wisatawan masuk lebih jauh kedalam lagi, terdapat banyak peninggalan-peninggalan bersejarah pada kejayaan kerajaan pada jaman dulu. seperti arca-arca dan stupa patung Buddha yang dibuat pada zaman dahulu, bangunan vihara, terdapat taman dan kolam yang dihiasi dengan indahnya bunga teratai yang masih terjaga kelestarian nya sampai sekarang ini. selain itu terdapat pula bangunan asrama biksu serta biksu yang sedang belajar mendalami ilmu agama dengan bermeditasi dan berdoa. tempat ini juga memiliki perpustakaan umum bagi wisatawan yang ingin membaca mengenai agama budha itu seperti apa.

Tips :

Wisatawan diwajibkan untuk menjaga ketenangan serta mengikuti norma-norma dan aturan yang berlaku di wisata Buddhist Monastery serta selalu  menjaga kebersihan. karena tempat ini merupakan tempat ibadah. dan jangan lupa juga untuk selalu membawa kamera untuk mengabadikan moment-moment pada saat di lokasi ini. selalu jaga kondisi, usahakan kondisi badan dalam keadaan prima serta gunakan lah penutup kepala seperti topi atau payung. mengingat cuaca pada saat siang hari cukup panas.




Harga Tiket Masuk
Untuk harga tiket masuk ke lokasi Buddhist Monastery tidak dipungut biaya (gratis), karena tiket sudah termasuk dengan Candi Mendut pada saat masuk ke lokasi kompleks tersebut, begitu juga dengan biaya parkir.
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Candi Borobudur
Candi Borobudur

Megahnya arsitektur Candi Borobudur, luas area, dan juga sejarahnya membuat candi ini ditetapkan oleh UNESCO menjadi salah satu warisan budaya

Taman Sari
Taman Sari

Taman Sari atau Water Castle terletak di pusat kota Yogyakarta, tidak jauh dari Keraton Yogyakarta dan Malioboro.

Candi Pawon
Candi Pawon

Candi Pawon biasa menjadi tempat persinggahan yang memiliki udara cukup sejuk