Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Wisata sekaligus menambah wawasan sejarah tentang Indonesia. Itulah pengalaman yang sangat menarik yang dapat anda temukan di Museum Benteng Vredeburg tempatnya. Berlokasi pusat kota Yogyakarta, tepatnya di sisi utara Keraton Yogyakarta di seberang Istana Kepresidenan Jalan Malioboro. Museum ini berada di tengah kota Yogyakarta. Alamat lengkapnya di Jl. Jend. A. Yani No 6, Yogyakarta 55224, Indonesia. Bangunan Benteng Vredeburg yang berdiri sejak tahun 1765 ini menjadi salah satu cagar budaya yang dapat kita kunjungi di Yogyakarta.

Bangunan bersejarah yang berdiri di atas tanah  ± 2100 m² ini dulunya merupakan benteng pertahanan.  Hal ini bisa kita lihat dari bentuk bangunannya yang memang memiliki menara pengawas di keempat sudutnya dan dikelilingi pagar memutar. Benteng Vredeburg menjadi saksi perjuangan rakyat melawan penjajah. Di tahun 1985 Benteng Vredeburg beralih fungsi menjadi museum. 
Benteng Vredeburg telah mengalami berbagai perubahan fungsi:
– Tahun 1760 – 1830, difungsikan sebagai benteng pertahanan.
– Tahun 1830 – 1945, difungsikan sebagai markas militer Belanda dan Jepang.
– Tahun 1945 – 1977, difungsikan sebagai Markas besar Militer Republik Indonesia

Harga tiket masuk yang ditawarkan sangat murah. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya antara Rp. 3000 untuk wisatawan lokal kategori dewasa dan Rp. 2000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk wisatawan asing hanya cukup membeli tiket masuk seharga Rp. 10.000 saja
Jika berkunjung ke Museum pastikan untuk tidak datang pada hari senin. Karena museum ini tutup pada hari senin dan hari libur nasional. Jam buka museum adalah dari jam 7:30 pagi sampai jam 17:00 sore.

Fasilitas yang tersedia di museum juga cukup lengkap untuk menjamin kenyaman pengunjung. Toilet bersih, tempat ibadah, ruang audio visual, kantin, hingga cafe. 
Ketika memasuki museum, pengunjung akan disuguhkan berbagai koleksi diorama. Ada 4 diorama yang dipamerkan, antara lain;
Diorama I: Terdiri dari 11 minirama yang menggambarkan peristiwa periode Pangeran Diponegoro sampai masa pendudukan Jepang di Yogyakarta.
Diorama II : Terdiri dari 19 minirama yang menggambarkan peristiwa sejarah proklamasi kemerdekaan hingga dengan agresi militer Belanda di Indonesia.
Diorama III : Terdiri dari 18 minirama yang menggambarkan peristiwa perjanjian Renville hingga pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat.
Diorama IV : Terdiri dari 7 minirama yang menggambarkan peristiwa sejarah periode Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga pada masa Orde baru.

Mengunjungi Benteng Vredeburg tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Kita akan mendapatkan pemandangan penuh dengan bangunan kuno dan sejarah yang sangat menarik dari perjuangan bangsa Indonesia




Harga Tiket Masuk

Anak-anak: Rp2.000
Dewasa: Rp3.000
Dewasa Rombongan Minimum 20 Orang: Rp2.000
Anak Rombongan Minimum 20 Orang: Rp1.000
Turis Asing: Rp10.000

Perhatian: Harga tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Candi Plaosan Kidul
Candi Plaosan Kidul

Candi Plaosan Kidul adalah bagian dari situs purbakala Candi Plaosan/Candi Plaosan Lor yang jaraknya cukup dekat.

Spot Riyadi
Spot Riyadi

Jika kamu berkunjung ke Jogja, rasanya kurang lengkap jika tidak menyempatkan diri menikmati suguhan menarik di Spot Riyadi.

Kampung Batik Giriloyo
Kampung Batik Giriloyo

Belajar dan membuat batik tulis secara langsung menggunakan alat tradisional (canting) di wisata kampung Batik.