Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Beringharjo merupakan pusat perbelanjaan tradisional terlengkap di kawasan Malioboro Yogyakarta. Terdapat berbagai macam batik, souvenir khas Yogyakarta seperti blangkon, serta makanan  dan jajan pasar khas tradisional Yogyakarta.

Letak geografis :

Beringharjo atau pasar Beringharjo berada di kawasan Malioboro tepatnya berada di jalan malioboro titik 0 KM, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah :

Pasar Beringharjo pada awalnya adalah hutan beringin, setelah berdirinya Kraton Yogyakarta pada tahun 1758, wilayah pasar ini merupakan pusat perekonomian oleh warga Yogyakarta dan sekitarnya. Pada tanggal 24 Maret tahun 1925, Keraton Yogyakarta menugaskan Nederlandsch Indisch Beton Maatschappij (Perusahaan Beton Hindia Belanda) untuk membangun sebuah pasar. Pada akhir Agustus 1925, 11 kios telah dibangun dan bangunan lain dibangun secara bertahap.

Nama Beringharjo diberikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tanggal 24 Maret tahun 1925. Nama Beringharjo dipilih karena memiliki arti wilayah yang semula hutan beringin (bering) yang diharapkan dapat memberikan kesejahteraan (harjo) dan dinilai tepat karena lokasi pasar merupakan bekas hutan beringin dan pohon beringin merupakan lambang kebesaran dan pengayoman bagi banyak orang.

Apa saja yang didapat :

Di Pasar Beringharjo wisatawan dapat berbelanja kain/pakaian batik yang merupakan pakaian khas orang Jawa dan lebih tepatnya Yogyakarta. selain itu terdapat souvenir seperti blangkon, keris, sepatu, dll. terdapat pula makanan jajanan pasar khas yogyakarta. dan harganya pun relatif murah. Pasar Beringharjo merupakan pusat perbelanjaan terlengkap yang ada di Yogyakarta. 

Tips :

  1. Saat mengunjungi Pasar Beringharjo, perlu disiapkan stamina yang prima.

  2. selalu berhati-hati dan waspada dengan barang bawaan seperti Handphone, dompet/ tas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  3. Usahakan untuk bisa pintar menawar barang yang akan dibeli. karena pasar Beringharjo dapat tawar menawar harga.




Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki wilayah pasar beringharjo tidak dikenakan biaya masuk. tetapi bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan parkir.

Biaya Parkir :

Motor : Rp. 2.000

Mobil Pribadi : Rp. 5.000

Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota yang kental akan sejarah dan budaya. Kita dapat menjumpai istana raja atau keraton yang menjadi pusat kebudayaan

Desa Wisata Kasongan
Desa Wisata Kasongan

Desa kerajinan gerabah dan keramik hiasan dengan kualitas dan bernilai seni tinggi terkenal sampai mancanegara

Candi Plaosan
Candi Plaosan

Merupakan salah satu dari sekian banyak Candi yang terdapat di daerah kawasan Prambanan dan Kalasan