Ratu Boko

Ratu Boko
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Ratu Boko/Keraton Ratu Boko merupakan salah satu situs reruntuhan bangunan bersejarah di Yogyakarta, yang merupakan Istana Ratu boko berupa kawasan keraton yang dimana area kompleks  dan bagian-bagian dari bangunan ini cukup lengkap yaitu terdiri dari pintu gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, dan juga pagar pelindung. Ditempat wisata ini pengunjung mendapatkan sejarah terutama peninggalan pada jaman dulu sisa-sisa kerajaan-kerajaan pada waktu masa itu.

Letak Geografis :

Obyek wisata Ratu Boko terletak di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sekitar 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan. Atau berjarak 17 km ke arah timur dari kota Yogyakarta. Kawasan Ratu Boko itu sendiri berlokasi di atas sebuah bukit dengan ketinggian ± 195.97 m diatas permukaan laut.

 

Sejarah Ratu Boko :

Ratu Boko merupakan bangunan bercorak hindu. Ratu Boko ini pertama kali dilaporkan oleh Van Boeckholtz pada tahun 1790, yang menyatakan terdapat reruntuhan kepurbakalaan di atas bukit Ratu Boko. Bukit ini sendiri merupakan cabang dari sistem Pegunungan Sewu, yang membentang dari selatan Yogyakarta hingga daerah Tulungagung. Seratus tahun kemudian baru dilakukan penelitian yang dipimpin oleh FDK Bosch. Dari sinilah disimpulkan bahwa reruntuhan itu merupakan sisa-sisa keraton. Bahwa adanya reruntuhan keraton atau istana yang terletak di Bokoharjo tersebut. Nama Candi Ratu Boko diambil dari nama seorang raja Mataram bernama Ratu Boko. Sebenarnya bukan sebuah candi, melainkan reruntuhan sebuah kerajaan. Oleh karena itu, Candi Ratu Boko sering disebut juga Keraton Ratu Boko. Disebut Keraton Boko, karena dahulu situs tersebut merupakan istana Ratu Boko. Diperkirakan situs Ratu Boko dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra.

 

Pengalaman

Ketika wisatawan berkunjung ke Ratu Boko, akan terlihat hamparan sawah, candi dan terkadang kereta api yang sedang melintas yang pasti menjadi pemandangan yang cukup menarik. Terlebih lagi, udaranya yang sejuk karena banyaknya pepohonan dan rumput-rumput yang serba hijau.

Untuk menikmati pemandangan ini bisa dengan duduk di kursi-kursi yang sudah disediakan oleh pihak pengelola situs Ratu Boko. Wisatawan bisa melihat keindahan dari atas ketinggian. Kursi-kursi ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto

Dari sekian banyak daya tarik yang dimiliki oleh situs Ratu Boko ada satu hal yang menjadikan situs ini sangat banyak disukai wisatawan. Adalah pesona matahari terbenam yang begitu cantik. Warna oranye matahari tepat berada di tengah-tengah pintu gerbang situs berpadu dengan warna langit yang sangat indah. Belum ada tempat yang bisa menyuguhkan pemandangan seindah ini. Ditempat ini tentunya dapat menghasilkan foto siluet terbaik dengan landscape yang terbaik juga. Ada pula tempat perkemahan, trekking, paket wisata edukatif dan pemandu.

 

Info Wisata Sekitar

Selain obyek wisata Ratu Boko, di sekitarnya juga terdapat objek wisata lain yang tidak kalah menarik nya dengan jarak yang cukup dekat. Diantaranya Tebing Breksi, Candi Ijo, Candi Prambanan, Candi Plaosan, Dan Candi Sojiwan.

 

Tips

Sebaiknya di saat akan berlibur atau mengunjungi tempat wisata ada baiknya kondisi dalam keadaan prima serta jan lupa memakai penutup kepala diantaranya topi/payung. Karena kondisi obyek wisata Ratu boko di ruangan terbuka yang cukup luas dan untuk mengantisipasi disaat teriknya matahari pada saat siang hari.




Harga Tiket Masuk

Harga tiket lokasi ini bisa dibilang cukup murah yaitu Rp. 50.000. Ada juga tiket terusan yang bisa dibeli di Candi Prambanan. Jadi akan disediakan sebuah shuttle bus yang akan mengantarkan kita semua dari Candi Prambanan menuju Keraton Ratu Boko. Shuttle ini hanya tersedia sampai pukul 4 sore saja.

Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Desa Wisata Kasongan
Desa Wisata Kasongan

Desa kerajinan gerabah dan keramik hiasan dengan kualitas dan bernilai seni tinggi terkenal sampai mancanegara

Museum Batik Yogyakarta
Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta didirikan sebagai sarana pelestarian koleksi batik dan alat-alat pendukung proses pembuatan batik

The Lost World Castle
The Lost World Castle

Yogyakarta punya tempat wisata yang memiliki tema negeri dongeng loh!