Taman Sari

Taman Sari
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Taman Sari Yogyakarta dahulu merupakan bekas kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan kini dijadikan sebagai tempat wisata. Kebun yang memiliki luas lebih dari 10 hektar ini dibangun pada masa Sultan Hamengkubuwono I.

Ada 57 bangunan dalam kebun ini, seperti kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, dan danau buatan. Beberapa bangunan lain misalnya gedung, lorong bawah air, serta pulau buatan juga dapat dinikmati ketika berkunjung ke sini.

Melihat wilayahnya yang cukup luas, Taman Sari Yogyakarta dapat dibagi menjadi 4 bagian utama yang besar. Bagian pertama adalah danau buatan yang berada pada arah sebelah barat. Bagian kedua berada di sebelah selatan danau buatan yakni Pemandian Umbul Binangun.

Sementara itu, bagian ketiga tepat di selatan bagian kedua terdapat kolam Garjitawati dan Pasarean Ledok Sari. Bagian keempat merupakan perpanjangan sebelah timur bagian pertama dan kedua termasuk danau buatan, jembatan gantung dan kanalnya.

Dari keempat bagian Istana Air Taman Sari, sekarang hanya tinggal satu bagian yang bangunannya masih utuh. Bangunan tersebut adalah Pemandian Umbul Binangun yang konon merupakan tempat pemandian Ratu kerajaan dulunya. Sementara itu, ketiga bagian lainnya sudah dijadikan sebagai pemukiman abdi dalem Kraton Yogyakarta.

 

Jam Buka Taman Sari Yogyakarta

Para pengunjung dapat masuk ke dalam Kompleks Taman Sari Yogyakarta setiap hari dari Senin hingga Minggu. Jam buka kompleks wisata ini pun sangatlah umum dan sama seperti tempat wisata lainnya. Istana Air Taman Sari Yogyakarta ini mulai dibuka pada pukul 08.00 hingga 15.00 WIB setiap hari.

 

Tips

Mulai dari hari Senin hingga Jumat. Hindari berkunjung di akhir pekan (weekend)  karena pada saat itu Taman Sari sangat ramai dan padat oleh para wisatawan.




Harga Tiket Masuk
Kategori Wisatawan Lokal Wisatawan Asing
Tiket Masuk Rp 10.000,-/orang Rp 20.000,-/orang
Tiket Kamera Rp 5.000,-/orang Rp 5.000,-/orang

Biaya tour guide sebesar Rp150.000 (Nego)

Perhatian: Harga tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Museum Batik Yogyakarta
Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta didirikan sebagai sarana pelestarian koleksi batik dan alat-alat pendukung proses pembuatan batik

Jalan Prawirotaman
Jalan Prawirotaman

Prawirotaman terkenal dengan sebutan kampung turis karena banyaknya turis yang menyukai kawasan ini.

Candi Borobudur
Candi Borobudur

Megahnya arsitektur Candi Borobudur, luas area, dan juga sejarahnya membuat candi ini ditetapkan oleh UNESCO menjadi salah satu warisan budaya