Tebing Breksi

Tebing Breksi
Tentang Destinasi Foto Galeri Peta Lokasi Testimoni

Tebing Breksi merupakan tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Sleman. Lokasinya berada di sebelah selatan Candi Prambanan dan berdekatan dengan Candi Ijo serta Kompleks Keraton Boko. Lokasi Wisata Tebing Breksi tepatnya berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 15 km dari pusat kota Yogyakarta.
Merupakan salah satu destinasi wisata batu alam di Yogyakarta yang dipadukan dengan sentuhan seniman - seniman lokal. Tempat ini sangat populer dan cocok untuk berfoto, yang dimana terdapat tebing-tebing batuan purba dengan pahatan-pahatan bercorak yang sangat indah dari seniman-seniman lokal kota Yogyakarta. Hampir sebagian besar setiap sudut daerah ini merupakan bongkahan batuan purba yang diubah menjadi sebuah tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Sejarah :
Tebing Breksi sebelum menjadi tempat wisata, dahulunya merupakan lokasi penambangan batuan alam oleh masyarakat sekitar serta penelitian batuan vulkanik purba oleh mahasiswa jurusan geologi mengenai Gunung Api Purba Nglanggeran. Di sekitar lokasi penambangan tebing breksi terdapat tempat-tempat pemotongan batuan hasil penambangan untuk dijadikan bahan dekorasi bangunan dan bangunan lainnya. Sejak tahun 2014, kegiatan penambangan di tempat ini ditutup oleh pemerintah daerah setempat. Penutupan ini berdasarkan hasil kajian yang menyatakan bahwa batuan yang ada di lokasi penambangan ini merupakan batuan yang berasal dari aktivitas batuan vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran dan tidak boleh mengeksploitasi batu-batu vulkanik purba untuk kerajinan. Kemudian lokasi penambangan ditetapkan sebagai tempat yang dilindungi dan tidak diperkenankan untuk kegiatan penambangan.
Setelah penutupan aktivitas tambang tersebut, masyarakat mendekorasi lokasi bekas pertambangan ini menjadi tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Seniman lokal Yogyakarta ikut serta dengan pahatan-pahatan batuannya yang menggambarkan pewayangan dan pahatan-pahatan batu yang memiliki seni tersendiri di setiap anak tangga di lokasi Tebing Breksi. Kemudian pada bulan Mei 2015, Tebing Breksi ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai tempat wisata baru di Yogyakarta.

Pengalaman :
Berkunjung ke Tebing Breksi, wisatawan akan dibuat kagum dengan kemegahan  pahatan - pahatan hasil karya seniman Yogyakarta di dinding-dinding tebing dengan motif pewayangan. Selain itu dari puncak bukit Tebing Breksi, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan keindahan alam Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari kejauhan ditambah dengan keindahan matahari terbit dan terbenam. Lokasi wisata Tebing Breksi sangat banyak spot-spot untuk berfoto, mengabadikan momen liburan bersama teman ataupun keluarga, karena tempat tersebut sangat menarik dan memiliki seni tersendiri dari keindahan alam batuan purba dengan sentuhan tangan-tangan pemahat seniman. Selain itu, Tebing Breksi juga sangat cocok untuk sesi foto prewedding. Saat berada di dalam wisata tebing breksi, wisatawan tidak perlu bingung saat akan melakukan sholat atau ingin beristirahat. Karena Tebing Breksi sudah terdapat fasilitas - fasilitas seperti mushola, toilet umum, serta terdapat warung - warung makan yang menjajakan minuman serta makanan ringan sekaligus untuk beristirahat sejenak melepas lelah dan dahaga. Terlebih lagi saat ini sering kali diadakannya acara-acara kesenian, kebudayaan dan pariwisata di Tebing Breksi. Jadi jika anda beruntung saat mengunjungi Tebing Breksi, pada saat yang bersamaan sedang diadakannya acara-acara kebudayaan.

Info Wisata sekitar :
Tempat wisata lain yang berdekatan dengan Tebing Breksi yaitu terdapat wisata Candi Ijo dan Candi Boko.

Tips dan Trik :Wisata Tebing Breksi buka dari jam 05.00 - 18.00 WIB. Tips untuk wisatawan yang akan mengunjungi tempat wisata Tebing Breksi pada siang hari disarankan agar membawa pelindung kepala seperti payung serta topi atau jika memang diperlukan untuk menggunakan sunblock. Karena pada siang hari cuaca akan sangat panas, dan sebagian besar lokasi tebing breksi berada hamparan terbuka. Selain itu kendaraan harus dalam kondisi yang baik, terutama rem dan kopling. karena jalan menuju tebing breksi tanjakan nya cukup ekstrim.




Harga Tiket Masuk
Untuk saat ini tarif harga tiket masuk (HTM) Rp. 5.000/orang. Sedangkan untuk biaya parkir motor dikenakan tarif Rp. 2.000, kendaraan pribadi mobil Rp. 5.000, Minibus Rp. 15.000, dan Bus Rp. 25.000.
Peta Lokasi

Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di
Jogja untuk rencana liburan anda
Candi Mendut
Candi Mendut

Merupakan candi umat Buddha, memiliki umur lebih tua dari Candi Borobudur. Bersebelahan langsung dengan Mendut Buddhist Monastery sebagai tempat sembahyang

Candi Borobudur
Candi Borobudur

Megahnya arsitektur Candi Borobudur, luas area, dan juga sejarahnya membuat candi ini ditetapkan oleh UNESCO menjadi salah satu warisan budaya

Desa Wisata Pentingsari
Desa Wisata Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari, Desa Wisata di Yogyakarta yang Mendunia